Cegah Penyebaran Covid-19, Kejaksaan dan Polres Luwu Utara Lakukan Rapid Test Pada Tahanan

54

Luwu Utara, batarapos.com – Kejaksaan dan Kepolisian Resort Luwu Utara melakukan Rapid Test dan pemeriksaan kesehatan terhadap tahanan, di Mako Polres Luwu Utara.

Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan wabah Covid-19 di lingkungan tahanan baik yang ada di Kejaksaan, Polres Luwu Utara maupun di pengadilan.

Kepala Kejaksaan Negeri Luwu Utara, Haedar mengatakan bahwa sebanyak 38 orang tahanan yang menjalani rapid test dan pemeriksaan kesehatan di Polres Luwu Utara.

Sebanyak 38 orang tahanan, tahanan ini ada dari pihak kami Kejaksaan, juga tahanan Polres Lutra maupun Pengadilan Negeri,” jelas Haedar saat di konfirmasi, Kamis (4/2/2021).

Berdasarkan hasil Rapid Test tersebut, sebanyak 4 didapati reaktif, dari 38 orang tahanan. Oleh karena itu, selanjutnya akan dilaporkan ke tim gugus tugas penanganan Covid untuk segera di Swab test.

Haedar juga katakan bahwa alat Rapid Test yang digunakan adalah milik Kejaksaan Negeri Luwu Utara, namun pemeriksaan dilakukan oleh tim kesehatan Polres Luwu Utara.

Menurutnya, pemeriksaan ini merupakan kerjasama antara Kejaksaan dengan Polres Luwu Utara sebagai langkah upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dilingkungan tahanan itu sendiri.

Intinya, pemeriksaan kesehatan tahanan ini dilakukan juga sebagai upaya untuk mengetahui kondisi tahanan di tengah-tengah mewabahnya Covid-19 saat ini.

Jadi ini wujud kerjasama dengan pihak Kepolisian, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona, baik itu di lingkungan tahanan maupun di pihak penegak hukum serta pihak lain yang bersentuhan langsung dengan tahanan,” jelasnya.

Alhamdulillah kegiatan lancar, oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan dan kerja sama dari Tim Polres Luwu Utara sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pemeriksaan Rapid Test ini dipantau langsung oleh Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Luwu Utara, Muhith Nur, SH dan Kasat Tahti Polres Luwu Utara, Aiptu Diarang.(Deddi).

SebelumnyaPesta di Kalaena Masih Hidangkan Prasmanan, di Wotu Sudah Hidangkan Nasi Kotak
SelanjutnyaPasien Sembuh Bertambah 73 dan Kasus Baru 19