15 Juni 2024, 6:20 pm

Dipimpin Mendagri RI, Bupati Budiman Ikuti Upacara Peringatan Otda ke-27 di Makassar

Makassar, batarapos.com – Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama para Gubernur, Walikota dan Bupati se-Indonesia mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Otonomi Daerah (Otda) yang ke-27. Upacara HUT Otda tersebut dipusatkan di Pantai Losari, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (29/04/2023).

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah tahun ini mengambil tema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”.

Selaku Inspektur upacara, Menteri Dalam Negri (Mendagri), H. Muhammad Tito Karnavian. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa, peristiwa terbentuknya otonomi daerah dan tentang kewenangan pusat dan daerah baik secara absolut maupun secara umum.

“Tujuan adanya otonomi daerah, agar daerah-daerah memiliki kewenangan yang lebih luas sehingga dapat berkreasi dan bermanuver untuk menyelenggarakan program-program didaerah masing-masing demi kemakmuran masyarakat,” kata Tito.

Mantan Kapolri ini juga mengatakan, Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan tradisi mulai dari Sabang sampai Merauke memiliki kekhasan masing-masing dan itu tidak bisa mendapat perlakuan yang sama.

“Sehingga kepala daerah diberikan kewenangan untuk memimpin sesuai kekhasan daerah masing-masing,” terang Tito.

Otda hendaknya menjadi sistem yang membuat daerah menjadi mandiri. Daerah, kata dia, tidak hanya bergantung pada suntikan dana dari pemerintah pusat.

“Sehingga kepala daerah harus memiliki jiwa kewirausahaan, untuk meningkatkan PAD dan kemandirian fiskal,” kata dia.

Dihubungi setelah Upacara HUT ke-27 Otda, Bupati Budiman menyampaikan rasa syukurnya karena dengan adanya Otda, Kabupaten Luwu Timur bisa berkembang dan lebih maju.

“Selain itu, dengan kegiatan ini pula silaturahmi antar pemimpin daerah semakin kuat dan semoga kebaikan-kebaikan yang terbangun sejak otda akan terus menjadi kebanggaan didaerah masing-masing,” harap Budiman.

Pada Puncak Acara HUT ke-27 Otoda ini, juga digelar berbagai event diantaranya pertunjukan Tari Pakkarena diatas 200 perahu, Penandatanganan Prasasti Bersama oleh Mendagri, Gubernur, Walikota dan Bupati, Festival Inovasi se-Indonesia, Event Kota Makan Enak, Kunjungan Lorong Wisata dan Malam Apresiasi.

Tercatat, sejak dibentuknya otonomi daerah hingga saat ini, wilayah provinsi di Indonesia telah berjumlah 38 provinsi. Sedangkan jumlah kota sebanyak 93 kota dan kabupaten sebanyak 415 kabupaten.

Sumber : Humas/Kominfo-sp

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan