Dirut Pusdiklat Join Gelar Pelatihan Jurnalis di Bone

52

Bone, batarapos.com – Ketua Direktur Pusdiklat Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Provinsi Sulawesi Selatan Zulkarnain Hamson, S.Sos.M.Si menggelar pelatihan jurnalistik sekaligus dirangkaikan pembubaran panitia pengukuhan Join Kabupaten Bone, Sabtu (26/12/2020).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Helios tersebut dihadiri oleh ketua DPD Join Bone Andi Trisna Arif, Sekertaris Yusriani, bendahara Nurhana dan sejumlah media online yang tergabung didalamnya.

Dirut Pusdiklat Join SulSel menuturkan kegiatan ini merupakan salah satu program yang menjadi skala prioritas utama para jurnalis, terlebih seluruh anggota sesuai agenda kerja JOIN Kabupaten Bone.

Inilah yang menjadi pembahasan yang sangat penting pada kegiatan pelatihan ini”, jelas Zulkarnain Hamson.

Tidak hanya itu, Zulkarnain Hamson selaku pemateri dalam pelatihan kali ini juga memberikan pembahasan 9 element dalam tugas dan funsi seorang jurnalis diantaranya.

1. Kewajiban Seorang Wartawan berpihak pada kebenaran.

2. Loyalitas Wartawan kepada Masyarakat.

 3. Wartawan disiplin verifikasi.

4. Jurnalis harus Independen.

5. Jurnalis harus menjadi pemantau dari kekuasaan.

6 Jurnalis harus memiliki Forum.

7.Wartawan harus memberitakan hal yang menarik dan relevan.

8.Seorang Jurnalis Menulis berita komperensif dan Profesional.

9.Jurnalis menulis sesuai hati Nurani dan tugas seorang jurnalis yang profesional dalam melaksanakan profesinya.

Workshop sembilan element jurnalis yang diselenggarakan secara akselerasi di internal Join Kabupaten Bone tersebut rupanya mendapat apresiasi para pesera.

Media kita besar karena karya tulis seorang wartawan yang menjunjung tinggi UU 40 tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalisme dimana profesi seorang wartawan adalah profesi yang mulia. Wartawan bagian dari  pilar negara selain Eksekutif, legislatif dan yudikatif yang mampu meluruskan dan memantau regulasi dan kekuasaan di negara kita” cetusnya.

Jadi seorang jurnalis punya andil dalam pembangunan nasional dalam hal memberitakan apa yang menjadi program pemerintah namun tidak terlepas dari sosial kontrol nya untuk membela kebenaran dan inilah perannya seorang wartawan yang profesional.

Sementara itu Ketua DPD Join Kabupaten Bone Andi Trisna Arif tidak lupa mengucapkan rasa syukur atas dukungan para anggota Join Bone dan  pemerintah daerah serta para forkopimda selama ini.

Begitu juga untuk Ketua JOIN Sul-Sel Arry AS, S.Ikom, MH, CPCE, pembina JOIN Bone Drs. haji  Andi Asdar .S.Sos.Msi.Mpd, Mandacang, Nisrandiali SKM, Pelindung  Aswar Azis  SH .MH.CIL., Dr.

Andi Sugirman SH MH, Pengarah  Dr Hj. Cheriani S.Pd.S.si.Mpd serta Andi Syafri Azis yang turut Andil dalam membina serta  membesarkan JOIN Bone Kedepan.

Alhamdulillah tanpa mereka saya tak bisa berbuat banyak, harapan saya selaku ketua JOIN Bone dapat  bersinergi dengan pemerintah Daerah dalam hal membantu menyebar luaskan program kerjanya via pemberitaan yang aktual melalui Media Online sejumlah 23 Media yang telah  bergabung di JOIN. Mari kita ramaikan pemberitaan agar JOIN dikenal, akan eksistensinya melansir kegiatan pemerintah daerah dan masyarakat“, tutup Andi Trisna Arif. (Yusri/Hana)