Gegara Hujan Lebat, Balapan WSBK di Sirkuit Mandalika 2021 Ditunda, Berikut Jadwal Barunya

97

 

Lombok, batarapos.com – Sirkuit Mandalika diguyur hujan lebat, sehingga membuat race pertama WSBK Indonesia ditunda hingga besok. Hujan deras terus mengguyur sirkuit Mandalika menjelang race 1 WSBK Indonesia 2021 di NTB, Sabtu (20/11/2021) membuat race ditunda.

Sesuai rilis resmi WSBK, race 1 dijadwalkan baru akan berlangsung pada Minggu (21/11/2021) pukul 11.00 WITA.

Race 1 akan menggantikan superpole race. Sebagai informasi, WSBK menggelar tiga kali lomba dalam satu akhir pekan yaitu race 1, superpole race, dan race 2.

Hasil superpole race menentukan posisi start pembalap di posisi sembilan besar pada race 2. Adapun sisanya ditentukan dari hasil superpole alias kualifikasi.

Dibatalkannya superpole race membuat posisi start pada race 1 dan race 2 akan mengikuti hasil dari superpole yang diselenggarakan pada Sabtu pagi. Adapun keputusan tersebut diambil setelah pihak penyelenggara WSBK mempertimbangkan beberapa hal yang krusial dan sulit.

Satu di antaranya yakni memperhatikan kondisi keselamatan para pembalap yang dinilai paling penting. Untuk penundaan race pertama ajang WSBK itu sendiri telah dijadwalkan pada Minggu (21/11/2021) besok pukul 11.OO WIB.

“Kondisi cuaca terus memburuk, memaksa Race 1 dijadwal ulang pada pukul 11:00 pada Minggu pagi, dengan keselamatan pengendara tetap menjadi yang terpenting,” berikut bunyi keterangan resmi panitia WSBK yang diterima media, Sabtu (20/11/2021).

Pada race pertama ini akan tersaji balapan 21 lap, dengan posisi grid start disesuaikan dengan hasil kualifikasi WSBK, pagi tadi.

Sebelumnya, Balapan World Superbike Championship (WorldSBK), di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) terpaksa ditunda karena hujan lebat, Sabtu (20/11/2021).

Race 1 WorldSBK yang sedianya dimulai pukul 15.00 Wita, tidak bisa digelar karena sirkuit diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Para pembalap WorldSBK yang sudah siap-siap di garis start terpaksa turun dari motor dan masuk lagi ke paddock.

Penonton yang sejak pagi menunggu di tribun harus bersabar karena race 1 WorldSBK belum bisa mereka saksikan untuk sementara. Penyelenggara kemudian mengumumkan balapan ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

Suasana di paddock para pembalap tidak kalah panik. Para kru tim tampak sibuk menghalau air yang hendak masuk ke area paddock mereka.

Sementara penonton yang duduk di tribun tanpa atap otomtis membubarkan diri.

Mereka berteduh di stand bazar yang disediakan disediakan panitia. Bagi mereka yang duduk di tribun dengan atap bisa menunggu sambil berteduh.

Meski terlihat kecewa, namun para penonton tidak bisa berbuat apa-apa karena hujan tidak kunjung berhenti hingga pukul 15.26 Wita.

Penyelenggara mengumumkan, kepastian jadwal balapan WorldSBK akan diputuskan pukul 16.00 WITA.

”WorldSBK Race 1 news schedule to be decided at 16.00 LT.”

Alkindi, salah seorang penonton asal Kota Mataram yang baru sampai di Sirkuit Pertamina Mandalika mengaku pasrah. Dia datang dengan ekspektasi luar biasa ingin menyaksikan seri Race 1 WorldSBK. Tetapi mau tidak mau harus ditunda karena hujan.

”Ini momen yang digunggu-tunggu sebenarnya, tetapi sampai sekarang belum mulai karena faktor alam,” katanya.

Dengan kondisi ini, dia tidak bisa berbuat apa-apa selain menunggu hujan reda dan mengharapkan balapan tetap dilanjutkan.

”Sebenarnya kecewa tetapi mau dibilang apa ini faktor alam,” katanya.

Menurutnya, sebenarnya ada skema untuk merekayasa cuaca. Jika hal itu bisa dilakukan sebaiknya bisa dicoba agar balapan bisa tetap digelar.

Jadwal Terbaru WSBK Indonesia 2021:

09.00-09.15 WITA – WSBK Pemanasan

09.25-09.40 – WSSP Pemanasan

11.00 WITA – Race 1 WSBK (21 lap)

12.30 WITA – Race 3 IATC (12 lap)

13.30 WITA – Race 2 WSSP (19 lap)

15:00 WITA – Race 2 WSBK (21 lap).

Tim batarapos.com/Gd

SebelumnyaYesaya Buinei Ketua DPD PCI Papua : Mohon Dukungan dan Doa Masyarakat Papua, PCI Bisa Tampil di Pemilu 2024
SelanjutnyaPengurus PABDSI Luwu Timur Resmi di Lantik