Hari Sumpah Pemuda, GP-Ansor Luwu Timur Gelar Dialog Kepemudaan di Wotu

92

Luwu Timur, batarapos.com – Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Luwu Timur menggelar dialog kepemudaan yang bertemakan “Refleksi Historis Semangat Sumpah Pemuda Dalam Menghadapi Pelaksanaan Pilkada Lutim 2020 di Tengah Pandemi Covid-19”.

Kegiatan diselenggarakan di salah satu warung coffee di kecamatan Wotu, Rabu (28/10/2020).

Gerakan dialog kepemudaan digelar dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda 28 Oktober 1928.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, narasumber dialog adalah Ketua DPRD (H. Amran Syam, S.H), Anggota DPRD (Drs. Sarkawi A. Hamid, M.Si), Kasubag Dal Ops Polres Luwu Timur (AKP. Abd. Nur Adnan, S.H), Ketua Lembaga Badan Hukum Luwu Timur (Muh. Nur, S.H).

Budiman selaku Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Luwu Timur menjelaskan, Dialog Kepemudaan merupakan bahan cerminan pemuda sebagai regenerasi perjuangan dari masa lampau, masa kini dan masa depan.

“Kali ini, GP. Ansor Kab. Luwu Timur mencoba membuka ruang diskusi buat Pemuda Luwu Timur untuk kembali meramu persoalan dan solusi terhadap isu-isu kepemudaan di Luwu Timur,” ujarnya.

Lanjutnya, Kita tidak lagi diperhadapkan dengan kondisi mengangkat senjata, namun ada hal yg tdk kalah urgensinya, membangun daerah misalnya, itu merupakan salah satu bagian pemuda yang saat ini mesti digerakkan, nah momentum kali ini kita diperhadapkan dengan perhelatan akbar yang tidak lama lagi digelar, yaitu Pilkada Luwu Timur Tahun 2020.

“Ini merupakan langkah-langkah GP. Ansor Kab. Luwu Timur dalam memperSATUkan kembali semangat agen perubahan ditengah-tengah tantangan pandemi covid-19 untuk menyukseskan pilkada,” tandasnya.

Lanjut dikatakannya, “InsyaAllah kami GP. Ansor Kab. Luwu Timur sebagai barisan kepemudaan yang akan menjadi lokomotif terdepan dalam mengawal pilkada damai tahun 2020” ungkapnya.

H. Amran Syam, S.H, selaku ketua DPRD Luwu Timur dan juga narasumber dalam dialog kepemudaan menyampaikan Pemuda mesti berada di garda terdepan dalam menyukseskan Pilkada Luwu Timur 2020 dan tak mestinya pemuda lelah dalam menyukseskan agenda negara nantinya.

“Situasi pandemi seperti saat ini, mestinya pemuda tidak manja, lelah atau mundur terhadap persoalan pandemi, justru sebaliknya pemuda harus mengambil peran dalam mengawasi dan partisipatif terhadap kesuksesan Pilkada Luwu Timur Tahun 2020 ditengah-tengah pandemi covid-19” kata H. Amran Syam.

AKP. Adnan, S.H, Kasubag Dal Ops Polres Luwu Timur dan juga merupakan narasumber dalam dialog kepemudaan menyampaikan bahwa GP. Ansor Luwu Timur harus dan turut partisipatif terhadap pengawalan Pilkada Luwu Timur Tahun 2020 yang damai.

Drs. Sarkawi A. Hamid, M. Si., selaku anggota DPRD dan juga narasumber dalam Dialog Kepemudaan mengungkapkan bahwa Sejatinya performa yang luar biasa dari pemuda adalah memberi kontributif langsung dan tidak langsung terhadap perkembangan daerah, dan GP. Ansor harus mengambil peran itu.

Sedangkan Muh. Nur, S.H. selaku Ketua Lembaga Badan Hukum Luwu Timur dan juga narasumber dalam dialog kepemudaan menyampaikan Pemuda harus paham regulasi terkait Pilkada Luwu Timur Tahun 2020, terutama ditengah pendemi covid-19, agar dapat membantu peningkatan partisipatif keberhasilan Pilkada Luwu Timur Tahun 2020.

Terlihat pula beberapa tamu undangan turut hadir, Camat Kec. Wotu, Komunitas kepemudaan, PPK Kec. Wotu, Tokoh Masyarakat, KNPI Luwu Timur, dan Pemuda Muhammadiyah Luwu Timur.

Nampak pula, penerapan protokol kesehatan covid-19 masih menjadi hal yang utama dalam kegiatan dialog kepemudaan tersebut, demi terciptanya Luwu Timur bebas dari covid-19.(**).