30 Mei 2024, 5:31 pm

Ini Deretan Incumbent DPRD Lutim yang Masih Bertahan Sejak Luwu Timur Dimekarkan Hingga Saat Ini

Liputan : Tim batarapos.com

Luwu Timur, batarapos.com – Pasca berlangsungnya perhitungan dan rekapitulasi suara ditingkat kecamatan hasil pemilu 14 Februari 2024 kemarin, sejumlah petahana/incumbent sudah dapat dipastikan yang melenggang ke periode 2024-2029, bahkan ada diantaranya telah memasuki lebih dari 3 periodesasi.

Berikut para caleg Incumbent yang lolos diatas 3 periode :

1. H. M. Sarkawi, HS
Politisi senior ini terbilang paling lama menduduki jabatan sebagai anggota DPRD, bahkan sebelum Luwu Timur dimekarkan Sarkawi telah menjabat sebagai Anggota DPRD Luwu Utara periode 1999-2004 dan salah satu politisi yang mendorong lahirnya Perda hak Inisiatif Pembentukan Kabupaten Luwu Timur yang saat itu dikenal dengan nama Ex Onder Afdeling Malili. Setelah Luwu Timur dimekarkan tahun 2003 beliaupun hijrah ke kampung halaman orang tuanya di Burau dan kembali terpilih menjadi anggota DPRD Luwu Timur pada Pemilu tahun 2004 hingga saat ini. Beliau juga pernah menjabat sebagai ketua DPRD periode 2009 – 2013. Politisi yang dikenal sangat merakyat dan kerap menolong warga yang membutuhkan ini telah menjalani masa periode ke 6 di DPRD melalui 2 partai Politik yakni Partai Golkar dan Partai Gerindra di Dapil Luwu Timur 3 Wotu Burau.

2. H. M. Siddiq
Memulai karier politiknya sebagai Kepala Desa Laskap di Kecamatan Malili, Politisi senior yang dikenal tegas ini telah memasuki masa pengabdian pada periode ke 5 di DPRD, sebelumnya beliau mengendarai Partai PDK besutan Prof.Ryias Rasyid pada periode pertama 2004-2009, dan seiring berjalannya waktu beliaupun bergeser ke Partai Nasdem pada Pemilu 2009 dan terpilih kembali hingga saat ini.
Tercatat selama di Partai Nasdem HM.Siddiq menduduki posisi strategis selaku Wakil ketua DPRD, yang dijabat hingga sekarang. Dan Pada Pemilu yang berlangsung 14 Februari 2024 lalu beliau kembali terpilih dan meraih suara pribadi sebanyak 4.000 lebih dan mengantarkannya melenggang ke Periode yang ke Lima kalinya di Dapil Luwu Timur 1 Malili Wasuponda.

3. H. Usman Sadik
Salah satu Politisi senior yang dimiliki oleh Luwu Timur saat ini adalah H.Usman Sadiq. Politisi yang memulai karier politiknya di Partai Golkar ini berlatar belakang pengusaha Kayu dan saat ini sebagai Ketua Partai Amanat Nasional /PAN Kabupaten Luwu Timur. Kepiawaiannya dalam berpolitik telah berhasil mempertahankan posisinya sebagai Anggota DPRD selama 3 periode dan kembali terpilih pada pemilu 14 Februari 2024 lalu untuk periode yang ke 4, bahkan di Dapilnya yang dikenal sebagai dapil Neraka H.Usman Sadiq berhasil mendudukkan 2 kursi PAN di dapilnya Luwu Timur 5 meliputi Kecamatan Nuha dan Towuti. Sebagai pimpinan Partai politik peraih kursi terbesar ketiga di Luwu Timur, H. Usman Sadiq berpeluang menaikkan level pengabdiannya dalam kontestasi politik ke depan.

4. Badawi Alwi
Politisi Golkar yang satu ini tidak diragukan lagi perannya dalam konstalasi politik di Luwu Timur, Ketua Fraksi Golkar ini dikenal sebagai politisi senior yang tahan banting, walau beliau masuk di DPRD melalui proses PAW pada periode 2009 – 2014, namun Badawi dapat mempertahankan kursinya hingga saat ini dan membuktikan kelasnya sebagai politisi senior yang kuat dan mengakar, hal itu terbukti pada pemilu kali ini Badawi Alwi berhasil meninggalkan rivalitas internalnya jauh kebelakang hingga melenggang mulus menuju periode ke 4 kalinya, beliau bertarung di dapil Luwu Timur 3 Wotu Burau.

5. Hj.Harisah Suarjo.
Salah satu politisi Srikandi yang berhasil masuk pada periode ke 3 kalinya adalah Hj.Harisah Suarjo. Politisi Partai Amanat Nasional ini sebelumnya adalah pelanjut estafet Kedewanan dari sang Suami yang juga Politisi dan mantan Anggota DPRD, berbekal pengalaman dari sang suami serta kedekatannya dengan masyarakat arus bawah, Hj Harisah telah mendapat simpati dan kepercayaan sebagai satu-satunya perempuan yang berhasil mempertahankan posisinya saat ini di parlemen, bahkan dalam perhitungan rekapitulasi di wilayahnya Hj.Harisah tak tersaingi sebagai peraih suara terbanyak di Internal Partainya. Beliau bertarung di dapil Luwu Timur 1 Kecamatan Malili – Wasuponda.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan