Kades Sorowako Berdayakan Pemulung di TPST Layaknya Karyawan

4

Luwu Timur, batarapos.com – Para pengumpul barang bekas pakai (pemulung) di Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Luwu Timur, tak lagi berkeliaran memungut sampah  di jalan maupun di permukiman warga.

Hal itu dikarenakan inisiatif Kepala Desa Sorowako (Jihadin Paruge) berdayakan para pemulung untuk mengolah barang bekas di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Sorowako.

“Kita berdayakan para pemulung yang selama ini memungut sampah di jalan dan di permukiman warga, sekarang para pemulung ini stanby di TPST untuk mengolah sampah untuk disetor ke bank sampah di Desa layaknya karyawan di perusahaan,” kata Jihadin Paruge disela-sela kegiatan Jumat bersih.

Sampah rumah tangga yang dikumpul di tong sampah yang telah disediakan, selanjutnya diangkut ke TPST untuk dilakukan pengolahan.

Di TPST para pemulung melakukan pengolahan untuk memisahkan barang bekas yang layak untuk disetorkan ke bank sampah Desa Sorowako.

Sementara sampah hasil sortiran itu diangkut ke TPA Kecamatan Nuha, dari pengolahan itu, tak sedikit masyarakat yang memanfaatkan sampah basah seperti sisa makanan untuk makanan ternak.

“Sampah sisa olahan selanjutnya dibuang di TPA, para pemulung juga banyak mengirim sampah seperti sisa makanan ke Kecamatan Tetangga untuk makanan ternak, sekarang khusus di Desa Sorowako tidak ada lagi sampah yang berserakan seperti dulu,” ucapnya.

Dari hasil penjualan sampah ke bank sampah itulah yang menjadi penghasilan para pemulung, dan tidak sedikit sampah yang masuk ke TPST setiap harinya. (AR)

SebelumnyaPimpin Gotong Royong, Kapolsek Nuha Himbau Masyarakat Perhatikan Keindahan Kota
SelanjutnyaKades Bawalipu Bagikan Seragam Untuk Majelis Ta’lim