Kapolres Luwu Utara Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh 2019

7

Masamba, Batarapos.com – Kapolres Luwu Utara AKBP Boy F.S Samola, pimpin apel gelar pasukan operasi Patuh 2019 yang berlangsung dilapangan upacara Mapolres Luwu Utara, Kamis (29/8/19).

Dalam apel dilaksanakan penyematan pita operasi secara simbolis kepada personil gabungan, Lalu Lintas, LLAJ Dishub dan TNI sebagai tanda dimulainya pelaksanaan Operasi Patuh 2019 di Kabupaten Luwu Utara.

Bertindak sebagai perwira upacara, Kasat Lantas Polres Luwu Utara, AKP Mustari, S.H, dan komandan upacara Kanit reg ident Ipda Jusman, S.E serta diikuti oleh pasukan TNI, Polres, Brimob Baebunta, Senkom, Sat Pol PP dan personil Dishub.

Selain itu, apel juga diikuti oleh Bupati Luwu Utara yang diwakili oleh Kadis Pora, Ketua DPRD Luwu Utara Kompol (Purn) Hamuddin, Kajari Luwu Utara, para Danramil Kodim 1403/SWG, dan para Perwira Polres Luwu Utara.

Amanat Kapolda Sulsel yang dibacakan oleh Kapolres antara lain menyebut bahwa salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan.

Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas dan dalam konteks ini. Lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas.

Permasalahan dibidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis, hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital. Dimana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman (cukup menggunakan handphone). modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan terjadi.

“Selain itu perlu diingat bahwa program nawacita Presiden RI adalah menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa, dari salah satu nawacita Presiden RI ini dijabarkan dengan 11 (sebelas) program prioritas Kapolri yaitu promoter professional, modern dan terpercaya. Program ke-11 (sebelas) quick wins polri didalam pelaksanaan tugas Kepolisian diimplementasikan dengan kehadiran anggota Polri ditengah-tengah masyarakat dimana Korlantas Polri menjabarkan program ke-11 angka ke-6 (enam) yaitu polisi sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik,” jelas Kapolres Boy.

Sementara itu, target dan sasaran dari Operasi Patuh 2019 juga telah dipublikasikan sebelumnya dengan harapan sosialisasi publikasi itu dapat mengingatkan masyarakat untuk taat pada aturan dan mempersiapkan segala sesuatunya agar terhindar dari jeratan Ops Patuh 2019.

Jadikan keselamatan sebagai kebutuhan, sebab awal dari sebuah kecelakaan adalah terjadinya pelanggaran, untuk itu patuhi dan taati etika berlalu lintas yang baik demi keselamatan bersama.

Operasi Kepolisian kali ini disertai dengan himbauan dan transparansi sasaran dari Operasi yang disebar secara massif di media sosial.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Operasi Patuh 2019 :
– Gunakan helm berstandar SNI.
– Jangan melawan arus atau arah, karena itu berpotensi mengakibatkan kecelakaan bagi orang lain.
– Hindari penggunaan HP saat berkendara.
– Jangan berkendara dibawah kendali alcohol.
– Jangan melebihi batas kecepatan.
– Jangan biarkan anak dibawah umur menggunakan kendaraan.
– Gunakan safety belt (khusus untuk pengendara roda empat).
– Gunakan lampu rotator sebagaimana yang telah diatur dalam ketentuan penggunaannya.

Untuk diketahui, Ops Patuh 2019 bertujuan untuk mencegah potensi terjadinya kecelakaan Lalu Lintas yang diakibatkan oleh kelalaian pengendara yang gemar melakukan pelanggaran Lalu Lintas. (Drs)