Ketua Apkasindo Luwu Utara : Besok Harga TBS Kelapa Sawit Sebesar Rp 1.600/Kg se-Sulsel

199

Luwu Utara, batarapos.com – Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Luwu Utara H.Rafiuddin, mengatakan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit akan ada penurunan harga dari harga sebelumnya.

Hal itu diungkapkan usai melakukan rapat lewat aplikasi Zoom meeting bersama Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (6/7/2021) dihadiri oleh perusahaan mitra, pekebun, Apkasindo dan Dinas terkait lainnya.

Haji Rafiuddin mengatakan bahwa dalam rangka memberikan perlindungan terhadap perolehan harga wajar TBS dan menghindari adanya persaingan tidak sehat antara pabrik kelapa sawit (PKS) maka dengan ini TPHP menetapkan harga TBS di Sulawesi Selatan.

Berdasarkan hasil rapat yang disepakati antara TPHP dengan Pabrik, besok pada hari Rabu (7/7/2021) harga TBS kelapa Sawit sebesar Rp 1.600/kg, 0% potongan kecuali sortasi buah dikembalikan,” ucap H.Rafiuddin.

Ini tertuang dalam peraturan mentri pertanian no.14/permentan/OT.140/2/2013 tentang pedoman penetapan harga pembelian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit produksi perkebunan dan peraturan Gubernur provinsi sulawewi Selatan nomor 23 tahun 2020,” jelasnya.

Diketahui harga TBS kelapa sawit sebelumnya sebesar Rp.1.900/kg. (Deddi)

SebelumnyaPemdes Benteng Adakan Musyawarah Pembangunan Desa
SelanjutnyaRevisi Perbup Nomor 8 Tahun 2021, Pemda Luwu Utara Tetapkan 50 Lokus Penanganan Stunting Tahun 2022