Mahasiswa IPMIBAR Bekali Petani Cara Buat Pupuk Organik, Begini Respon Masyarakat !

4

Bone, Batarapos.com – Pembukaan Baksos IPMIBAR dengan tema “Lao Masappa Paddisengen, Lisu Mappadeceng” juga disertai pembuatan pupuk organik di Desa Massanrempulu, Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone. Sabtu (27/7/19).

Ketua IPMIBAR, A. Hasriandi (sapaan) A.Asri mengatakan, ”Dalam pembukaan baksos di Desa Massenrepulu sangat mengesankan,” ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa, Babinsa, Ketua Karang Taruna beserta anggota serta semua kelompok tani yang ada di Desa Masenrempulu, Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone

Ketua Gaboktak (Harisalaman) merasa bersyukur dengan adanya pembelajaran Pembuatan pupuk organik yang dilakukan oleh mahasiswa IPMIBAR di Desa Massanrempulu, Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone ini.

“Dengan adanya kegiatan ini, petani bisa memanfaatkan dan mengaplikasikan apa yang diberikan, disisi lain, sekarang pupuk kimia sudah mulai langka juga, mudah-mudahan  selanjutnya lebih efektifi lagi,” papar Harisalam.

Disisi lain. Nahir selaku pemateri Pembuatan Pupuk Organik, juga senior Ipmibar dari fakultas pertanian disalah satu perguruan tinggi Swasta di Makassar mengatakan. “Sekarang sepatutnya masyarakat petani diajarkan cara membuat yang organik-organik, Karena semua  kimia sudah mulai langka dan mahal harganya,” jelasnya. 

Disamping itu, penghematan ekonomi pupuk organik juga bermanfaat bagi tanaman dan manusia, karena kesehatan itu penting dan terlalu banyak kimia itu sangat berbahaya bahkan menimbulkan resisten pada hama tanaman.

“Makanya kesehatan itu diutamakan, kita lihat sekarang umur manusia pendek-pendek mi,” tutur Nahir kepada masyarakat dengan sedikit nada bercanda.

Kegiatan Mahasiswa IPMIBAR selama satu Minggu di Desa Massanrempulu, Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone sangat direspon dan diapresiasi oleh masyarakat.(Yusri)