Masuk Program Prioritas, Wabup Budiman Rapat Terkait Geopark Luwu Timur

98

Luwu Timur, batarapos.com – Wakil Bupati Luwu Timur, H. Budiman sangat mendukung upaya untuk pengembangan geopark danau di Luwu Timur yang meliputi Danau Matano, Danau Mahalona dan Danau Towuti. Pasalnya, geopark danau ini termasuk program prioritas Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

Pernyataan itu disampaikan Wabup Budiman saat mengikuti rapat bersama para pemerhati Geopark Danau di Aula Rumah Jabatan Bupati, Rabu (17/3/2021). Selain Wabup, turut hadir peneliti geopark, Andi Erwin Syarif, Camat Malili, Nur Saifullah dan Kabag Humas dan Protokol, Muhammad Rizki Alamsyah.

Pemerintah Daerah, kata Budiman, akan membentuk tim geopark danau yang disahkan melalui SK Bupati. Tim ini, sambungnya, nantinya akan menjadi perwakilan Pemerintah daerah untuk melakukan koordinasi dan komunikasi intens dengan Gubernur Sulawesi Selatan dan Tim TGUPP Sulsel.

Langkah awal yang harus ditempuh yakni membuat SK Bupati yang didalamnya memuat struktur pengurus yang nantinya akan bekerja sebagai tim penyusun Geopark Danau di Luwu Timur,” jelas Budiman.

Lanjut Budiman, tim yang terbentuk ini nantinya akan bekerja menyusun rencana induk geopark, menyiapkan data-data yang dibutuhkan termasuk data teknis, kemudian melakukan evaluasi dan monitoring.

Ia menambahkan, tim penyusun rencana induk geopark danau ini tentu membutuhkan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan tidak hanya melibatkan dinas Bappelitbangda dan Pariwisata saja tapi hampir semua dinas seperti Dinas PU, Dinas Tata Ruang, Koperasi dan UKM, Pendidikan dan dinas lainnya.

Peneliti Geopark Luwu Timur, Andi Erwin Syarif mengatakan, tahapan perencanaan geopark yang menjadi kewenangan Pemerintah daerah antara lain menyusun rencana induk geopark, kemudian menetapkan pengelola geopark dan selanjutnya pengajuan usulan penetapan geopark. (hms/ikp/kominfo)

SebelumnyaWabup Budiman Minta DLH Fungsikan Kembali Nursery
SelanjutnyaKabid SDA PUPR Sebut Pemerintah Fokus Anggarkan Pembangunan Lupa Pemeliharaan