Modus Jumat Beramal, MTsN 1 Bone Diduga Berdayakan Pungli

58

 

Bone, Batarapos.com – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kabupaten Bone yang terletak jalan Sukawati, Manurunge Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, diduga berdayakan Pungutan Liar (Pungli).

MTsN 1 Bone yang mendidik sebanyak 1.490 Siswa yang dinahkodai Muhammad Adam, S.Ag., MA diduga berdayakan pungli dengan modus Jumat Beramal.

Dimana seluruh siswa diwajibkan menyetor uang mulai dari Rp.1000,- Sampai dengan Rp.2.000,- per siswa setiap hari jumat.

Saat dikonfirmasi, Muhammad Adam membenarkan adanya pungutan tersebut, ia berdalih jika pungutan itu sebagai salah satu bentuk membina siswanya, dan tidak diwajibkan melainkan keikhlasan, namun harus menyetor dengan jumlah minimal Rp.1.000.

“Itu hanya membina dan melatih anak – anak untuk menafkahkan sebagian hartanya dijalan Allah, Infaq istilahnya, tidak ada paksaan, seikhlasnya” Jelasnya saat ditemui diruang kerjanya.

Dimintai keterangan secara detail soal tujuan dan arah dana hasil pungutan tersebut, pihak sekolah terkesan bungkam.

Jika jumlah dari 1.490 siswa menyetor rata-rata Rp.1.000,- maka pihak sekolah berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp.1.490.000,- per minggunya.

Dalam sebulan pihak sekolah memperoleh Rp.5.960.000,- yang jika dijumlah dalam setahun pihak sekolah melakukan pungutan sebanyak Rp.71.520.000,- sementara pungutan itu telah berlangsung selama beberapa tahun lalu.

“Pungutan itu sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu sampai sekarang, siswa harus menyetor minimal seribu, dananya juga tidak ditahu dikemanakan, walaupun seribu sampai dua ribu rupiah pak, kami sangat resah karena tujuannya tidak jelas, katanya seikhlasnya tapi harus menyetor” Ungkap Siswa yang enggan disebut namanya.

Pungutan itu sangat meresahkan para siwa meski jumlah satuannya tidak seberapa namun tujuan dana hasil pungutan itu yang tidak jelas penggunaannya.

Hingga berita ini diekspose, diminta kepada penegak hukum untuk melakukan penyelidikan di Sekolah tersebut yang diduga berdayakan pungli dengan modus Jumat Beramal. (Tim-Red).

SebelumnyaLanjutkan Pembangunan Desa Sindu Agung Bersama Aris Suprojo
SelanjutnyaEnggan Bayar Upah, PT. Pattiwiri Terancam Dipidana