Muh.Ibrahim : Makna Reses Perubahan Anggaran APBD 2021 Adalah Berubah, Bertambah, Berkurang dan Bergeser

83

Luwu Utara, batarapos.com – Anggota DPRD Luwu Utara Muh.Ibrahim mengatakan bahwa makna Reses perubahan anggaran APBD 2021 adalah berubah, bertambah, berkurang, dan bergeser.

Hal itu diungkapkan saat melaksanakan Reses masa sidang ke Tiga tahun 2021, untuk menyerap aspirasi masyarakat tentang perubahan APBD tahun anggaran 2021, di Aula Kantor Camat Malangke, Kabupaten Luwu Utara, Sulsel, Senin (2/8/21).

Pada bulan Desember 2020, kita sudah menetapkan APBD 2021, ternyata pada tahap pelaksanaan baru ada beberapa persen yang jalan dan sekarang sudah masuk bulan Agustus 2021. Itu disebabkan karena adanya bencana alam dan bencana non alam termasuk Covid-19,” kata Muh. Ibrahim.

Ia mengungkapkan bahwa dengan adanya Covid-19 sehingga terjadi diseluruh Indonesia yang namanya Refocusing.

Dengan adanya Refocusing, sehingga membuat kita semua jadi repot dan pusing karena barang yang sudah kita siapkan tapi anggarannya sudah tidak ada karena target pendapatan kita menurun, dan tidak mencapai target,” ungkap Ibrahim.

Lanjut Ibrahim bahwa Hampir semua kegiatan di daerah berkurang sekian persen, seperti pada contoh bantuan alsintan, di tahun 2020 dianggarkan seumpama perahu 5 meter dan direfocusin menjadi 3 M. Inikan sudah tidak bisa bermanfaat dan tidak sesuai dengan fungsinya.

Kita hanya dapat berharap perubahan APBD dalam pemulihan perekonomian bisa disetujui di Luwu Utara, itupun dana pinjaman dan berbunga dan ini menjadi fikiran kita semua,” harapnya.

Kalau itu ada kemungkinan infrastruktur bisa berjalan dan itupun sepenuhnya ada, apa kita tidak harapkan,” sambungnya.

Ibrahim juga berharap kepada para Kepala Desa dan BPD dan masyarakat bahwa pada dasarnya perubahan yakni berubah, bergeser, bertambah dan berkurang.

Ini sangat menonjol berkurangnya, susah untuk ditambah dan susah untuk digeser. Jadi, kami berharap apa yang mendesak dan penting atau tidak membebani anggaran lebih banyak agar kiranya disampaikan ke kami berupa catatan agar supaya kita bisa membahas nanti diperubahan anggaran,” harapnya.

Turur hadir  Plt. Camat Malangke Akram Risa, wakil ketua tim Reses Haji Rusli Hamid bersama Wakil ketua I DPRD Luwu Utara Awaluddin, anggota DPRD Amir Mahmud, para Kades dan BPD, kepala PKM Malangke Sumarni, dan PPL Perikanan. (Deddi)

SebelumnyaReses DPRD Luwu Utara, Plt.Camat Malangke Berharap Fasilitas Infrastruktur Jalan dan Pemberdayaan Masyarakat
SelanjutnyaCegah Covid19, Plt. Camat Wotu Bagikan Masker ke Pengunjung Pasar