15 Juni 2024, 6:19 pm

Musyawarah Masyarakat Desa Polewali, Kades Perioritaskan Kesehatan Warganya

Bone, batarapos.com – Pemerintah Desa Polewali, Kecamatan, Tellu Limpoe, Kabupaten Bone, melaksanakan kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), bersama Upt Puskesmas Gaya Baru dikantornya. Rabu, (27/1/2021).

Kegiatan yang berlangsung tersebut dihadiri oleh Camat Tellu Limpoe, diwakili Kasi Pemerintahan Basri, S.IP, Kapolsek Tellu Limpoe, Ipda Kamaluddin S.H, Kepala Puskesmas  Gaya Baru diwakili oleh Sri Nurati SKM (KTU).

Surianti (promkes), Surianti (kesling), Ismail (petugas P2) beserta jajaran, Kepala Desa Polewali (Rahman, S.IP) beserta Perangkatnya, Danpos Tellu Limpoe (Sarma Bakri) dan penyuluh pertanian (Jumriadi, S.IP), dan para Kader Posyandu.

Kades Polewali menuturkan ada 4 poin penting dalam kegiatan musyawarah Desa diawal tahun 2021 yang berkaitan dengan kesehatan warganya diantaranya.

1.Pembuatan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL),

2.Sosialisasi mengenai larangan merokok dalam rumah atau tempat kerumunan,

3.Penyediaan jambang sehat,

4.Pendaftaran kepesertaan BPJS bagi masyarakat,

5. Penangan Stanting.

Sekdes Polewali  menuturkan, walaupun tahun kemarin wilayah Kecamatan Tellu Limpoe, sudah melaksanakan Open Defecation Free (ODF), namun saat ini masih banyak diantara warga yang menggunakan WC cemplung untuk keperluan sehari-hari mereka. Bahkan sebahagianya lagi masih menggunakan tempat jambang tetangga.

Di tahun 2021 ini kami akan upayakan seluruh warga kami memiliki tempat jambang masing-masing untuk memutus rantai penularan penyakit yang berbasis lingkungan“, tutur Umar, S.Sos.

Program ini merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk berperilaku pola hidup sehat terlebih ditengah wabah pandemik Covid19.

Seiring dengan meningkatnya mobilitas dan gaya hidup, maka kemunculan berbagai penyakit pun meningkat drastis, sehingga mau tak mau pengeluaran biaya untuk pengobatan pun tak terelakkan, meskipun saat ini pemerintah telah banyak membantu melalui programnya seperti BPJS kesehatan.

Ditempat yang sama itu pula, Ipda Kamaluddin S.H yang baru-baru ini di lantik sebagai Kapolsek Tellu Limpoe menggantikan posisi Iptu Andi Harruddin juga menyampaikan perkenalan diri kepada masyarakat diwilayahnya.

Mulai hari ini sampai kedepannya kami akan berkomunikasi kepada seluruh lapisan masyarakat Tellu Limpoe pada umunya, yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban“, sambut Kapolsek Tellu Limpoe Ipda Kamaluddin S.H. (Yusri)

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan