22 Februari 2024, 1:57 am

Najamuddin Reses Perseorangan di Malili, Peserta Reses Keluhkan Pelayanan Air Bersih dan Pemadaman Listrik

Liputan : Tim batarapos.com

Luwu Timur, batarapos.com – Anggota DPRD Fraksi Golkar, Najamuddin menggelar reses perseorangan masa sidang ke I tahun 2023/2024, di Desa Wewangriu, kecamatan Malili, Luwu Timur, Senin (27/11/2023).

Dalam reses yang berlangsung, sebagian besar peserta Reses mengeluhkan soal pelayanan air bersih yang saat ini sejumlah wilayah di kecamatan Malili mengalami krisis air bersih dan pemadaman listrik.

Salah satu peserta reses, Abd. Rasyid menyarankan pemerintah agar sungai Malili dapat dimanfaatkan untuk konsumsi masyarakat khususnya masyarakat kecamatan Malili.

Namun demikian, Abd. Rasyid kembali mengingatkan agar pemanfaatan air sungai dikaji dengan baik, agar tidak terulang kejadian pada tahun 1970an, dimana sejumlah masyarakat meninggal dunia karena diare akibat mengkonsumsi air sungai malili.

” APBD saat ini sudah 1,9 Triliun kita disini ini masih susah air bersih, sementara kita dekat dengan sungai, kenapa tidak manfaatkan ini air sungai untuk dikonsumsi, saya ingat sekali tahun 70an waktu itu banyak masyarakat meninggal karena diare,” Ujar Abd. Rasyid.

Menanggapi saran peserta reses, Najamuddin mengatakan bahwa soal pemanfaatan air sungai malili saat ini pemerintah Luwu Timur tengah melakukan kajian melibatkan ahli.

Dimana rencana pemanfataan air sungai malili ini harus melalui sejumlah proses agar aman untuk dikonsumsi semua masyarakat.

” Soal pemanfataan air sungai ini memang pemerintah sekarang sudah melakukan kajian untuk dikonsumsi, jadi mari kita sabar menunggu hasilnya,” Kata Najamuddin.

Soal pemadaman listrik, menurut Najamuddin itu terjadi akibat sejumlah PLTA mengalami penyusutan, dan pemadaman terjadi bukan hanya di Luwu Timur namun hampir menyeluruh di Sulawesi Selatan.

” Jadi pemadaman ini hampir menyeluruh termasuk di Makassar, bukan cuma kita di Luwu Timur, itu karena pembangkit listrik banyak yang airnya menyusut akibat kemarau, sementara suplay dari Vale itu tidak seberapa, syukurnya kita disinj, pemadaman tidak sama di daerah lain,” Ungkap Najamuddin.

Dalam reses juga, Namajuddin menyerap sejumlah usulan masyarakat baik secara kelompok maupun usulan secara umum yang nantinya akan diusulkan pada penganggaran tahun 2024 mendatang.

Reses Najamuddin ini dihadiri langsung Wakil Bupati Luwu Timur, Akbar Andi Leluasa, para kepala Desa, dan masyarakat beberapa desa di kecamatan Malili.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan