Pemicu Banjir, Pemdes Pertasi Kencana Lakukan Pengerukan Saluran Pembuangan

5

Luwu Timur, batarapos.com – Menjadi pemicu kerapnya terjadi banjir dipermukiman warga, Desa Pertasi Kencana lakukan normalisasi saluran sepanjang -+300 meter.

Normalisasi yang berlangsung sejak Selasa (13/8/19) kemarin itu menggunakan alat berat (eksavator) milik Dinas PUPR Luwu Timur.

Kepada batarapos.com, Sammang selaku Kepala Desa Pertasi Kencana, Kecamatan Kalaena, menuturkan bahwa saat hujan deras, air disaluran tersebut meluap ke permukiman warga, dikarenakan saluran pembuangan telah terjadi penyempitan dan pendangkalan.

“Kalau hujan deras meluap airnya sampai ke permukiman warga, karena sudah sempit dan dangkal, sehingga kita lakukan pengerukan” Tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa, sumber sebagian anggaran pengerukan itu bersifat swadaya Desa, yang mana alat berat plus operator ditanggungi oleh Dinas PUPR, sementara BBM ditanggung oleh Desa.

“Alat berat dengan operatornya plus mobilisasi itu ditanggung sama Dinas PUPR, kalau BBM nya, Desa yang tanggung” Jelasnya.

Masyarakat setempat sangat berharap, dengan adanya pengerukan tersebut, permukiman mereka dapat terbebas dari genangan air. (Mus).

SebelumnyaPimpin Apel Besar Hari Pramuka, Bupati Lutim Serahkan Penghargaan
SelanjutnyaBupati Indah Jadi Juri Lomba Tumpeng Pangan Lokal, Yang Digelar Panitia HUT RI ke-74