25 Mei 2024, 9:32 am

PKK Lampenai Bukber Warga, Kades : Ramadhan Kembalikan Harmonisasi Pasca Pemilu

Liputan : Tim batarapos.com

Luwu Timur, batarapos.com – PKK Desa Lampenai kecamatan Wotu Buka puasa bersama masayarakat di Dusun Sumbernyiur, di Masjid Babul Khair, Jumat 22 Maret 2024.

Bukber PPK dan masyarakat ini juga dihadiri Kapolsek Wotu, perwakilan Camat Wotu, dan kepala Desa Lampenai, yang juga melibatkan santri pondok pesantren Hidayatullah Lampenai.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Lampenai M. Saenal Bachri mengungkapkan bahwa bulan Ramadhan ini mengembalikan harmonisasi masyarakat pasca pemilu.

Dimana sebelumnya, pada bulan Februari 2024 berlangsung Pemilu yang tentunya masyarakat beda pilihan bahkan kemungkinan ada yang sudah tidak saling sapa lantaran beda pilihan namun di Bulan Ramadhan ini, semua masyarakat kembali bersatu.

” Alhamdulillah, setelah Pemilu masuki bulan Ramadhan, mungkin ada tetangga yang beda pilihan tidak saling sapa saat itu, tapi sekarang semua kembali seperti dulu, saling sapa saling bersama,” Sambut Kepala Desa Lampenai.

Doa sambut Ramadhan atau yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan ma baca-baca, masih ada sebagian kecil masyarakat Lampenai yang masih mempertahankan tradisi tersebut.

Tradisi itu kata Kepala Desa Lampenai adalah tidak hanya sekedar doa jemput puasa, namun lebih kepada kerukunan masyarakat, pasalnya tardisi itu melibatkan keluarga besar dan para tetangga.

” Jadi inilah yang masih ada saat ini yaitu doa jemput puasa atau yang paling kita kenal di Wotu ini dengan sebutan ma baca-baca, kalau kita lakukan pasti kita panggil tetangga yang juga dihadiri keluarga besar kita, nah harmonisasi itu muncul ketika mungkin tetangga selama setahun ini tidak begitu akrab lagi akhirnya kembali seperti keluarga setelah dipanggil ke rumah ma baca-baca,” Ucap M. Saenal Bachri diselingi candaan.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan