18 Juni 2024, 12:57 am

Pokir DPRD untuk Kemajuan Pembangunan

Liputan : Tim batarapos.com

Luwu Timur, batarapos.com – Ketua DPRD Kabupaten Luwu Timur, Aripin mengatakan pokok pikiran (Pokir) DPRD merupakan sebuah dokumen penting hasil dari penjaringan aspirasi masyarakat.

Hal itu diperoleh melalui pelaksanaan reses perseorangan oleh anggota dewan di wilayahnya. Aripin harapkan, dapat dimasukkan dalam program pembangunan Kabupaten Luwu Timur.

Rencana pembangunan mengacu pada target dan sasaran sesuai RPJPD yang akan dituangkan dalam RAPBD.

Aripin berharap, pembangunan infrastruktur hendaknya dititik beratkan pada peningkatan kondisi jalan dan jembatan, irigasi pendukung pertanian.

Misal jaringan irigasi desa, jalan produksi, jaringan air bersih yang berfungsi dengan baik dan penataan struktur kota serta pembenahan pemukiman kumuh warga masyarakat.

Ia mengingatkan, Luwu Timur merupakan daerah rawan bencana baik banjir maupun tanah longsor,  diperlukan upaya pencegahan maupun pembangunan pasca bencana untuk menunjang akses dan mobilitas perekonomian masyarakat.

”Mengingat curah hujan saat ini sangat tinggi kita harus tetap waspada dan sudah punya aksi tepat manakala bencana itu terjadi,” ujar Aripin pada Musrembang Tingkat Kabupaten Luwu Timur, Selasa, (14/5/2024).

Selanjutnya, ia mendorong terwujudnya perhubungan yang cepat seperti Bandar Udara, pelabuhan antar barang dan hasil bumi, jaringan listrik di desa maupun kawasan terisolir guna membuka akses transportasi dan komunikasi.

“Di bidang ekonomi dan Keuangan, kita harus mendorong pengusaha-pengusaha tambang yang ada di kabupaten LuwuTimur untuk segera membangun smelter agar memberi dampak dan manfaat yang besar bagi masyarakat. Termasuk membuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan daerah,” imbuhnya

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan