18 Juni 2024, 5:18 am

Polres Luwu Utara Gelar Lomba Satkamling Tingkat Polsek Untuk Tingkatkan Keamanan Jelang Pemilu 2024

Luwu Utara, batarapos.com – Polres Luwu Utara, Keamanan menjadi suatu kebutuhan dasar untuk dapat menikmati hidup secara tenang dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu pentingnya warga untuk menjaga keamanan di lingkungan masing-masing.

Dalam rangka meningkatkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pemilu tahun 2024, Sat Binmas Polres Luwu Utara mengadakan lomba Satkamling tingkat Polsek jajaran Polres Luwu Utara.

Satkamling merupakan Satuan Keamanan Lingkungan adalah Satuan Masyarakat yang mengemban fungsi Kepolisian terbatas yang dibentuk oleh warga masyarakat atas kemauan, kesadaran, dan kepentingan untuk mengamankan lingkunganya.

Kapolres Luwu Utara Akbp Galih Indragiri, S.IK melalui Kasat Binmas AKP Palmer Sianipar, mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan lomba Satkamling ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rangka terciptanya situasi yang aman dan kondusif di wilayah Luwu Utara.

“Untuk menjaga kondusifitas Kab. Luwu Utara menjelang pemilu tahun 2024, Polres Luwu Utara menggelar kegiatan perlombaan Satkamling yang dilaksanakan selama 4 hari sejak Senin tanggal 29 Mei sampai hari Kamis tanggal 01 Juni 2023,” ucap AKP Palmer.

“Aspek penilaian meliputi Aspek SDM, Aspek Sarana Prasarana, Aspek Operasional, Aspek Dukungan Masyarakat dan Aspek Pembinaan Satkamling,” ungkapnya.

“Setiap Polsek perwakilan 1 Pos Satkamling, kemudian, bagi yang mendapat juara 1 pada perlombaan Pos Satkamling tersebut, nantinya akan di tampilkan di tingkat Polda Sulsel,” sambungnya.

Kasat Binmas berharap, kegiatan ini dapat memotivasi warga sekitar untuk lebih meningkatkan kegiatan ronda malam atau Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di lingkungan masing – masing, sehingga terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, karena keamanan bukan hanya menjadi tugas pihak kepolisian, melainkan keamanan adalah tanggung jawab kita bersama.

“Kami meminta kepada seluruh lapisan masyakarat, khususnya untuk aktivitas ronda malam diharapkan bisa memotivasi dan akan menjadi aktivitas rutin setiap malam, guna menekan aksi kejahatan dan potensi gangguan Kamtibmas lainnya menjelang Pemilu 2024,” harapnya.

Tim batarapos.com/Dhedy

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan