18 Juni 2024, 2:14 am

Sekda Lutim Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Liputan : Kominfo-SP

Luwu Timur, batarapos.com – Seluruh Indonesia merayakan Hari Lahir (Harlah) Pancasila dengan penuh semangat dan kebanggaan, tidak terkecuali di Kabupaten Luwu Timur.

Peringatan yang jatuh pada tanggal 1 Juni ini menjadi momentum penting untuk meneguhkan komitmen kebangsaan dan memperkokoh persatuan di tengah keragaman bangsa.

Khusus di Bumi Batara Guru, upacara peringatan Harlah Pancasila dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Luwu Timur, Sabtu (01/06/2024), dipimpin langsung Sekretaris Daerah Luwu Timur, H. Bahri Suli, dan dihadiri seluruh Pejabat, Staf baik ASN maupun Upah Jasa Lingkup Pemkab Lutim.

Pada kesempatan ini, Sekda Lutim membacakan sambutan seragam Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Yudian Wahyudi.

Bahri Suli mengatakan, pada hari ini, (tanggal) 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Lanjutnya mengungkapkan, Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ungkapnya.

Diakhir pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Sekda mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” pungkas H. Bahri Suli dalam pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI.

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi seluruh rakyat Indonesia akan pentingnya persatuan, gotong royong, dan rasa kebangsaan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara.

Semangat Pancasila harus terus hidup dalam setiap jiwa rakyat Indonesia, menjadikan Indonesia bangsa yang kuat, berdaulat, adil, dan makmur.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan