Sungai Makawa Bahayakan Pemukiman Warga, Pemda Diminta Ambil Langkah Cepat

273

Luwu, batarapos.com – Hujan deras yang terus turun di Desa Bolong Dusun Kampung Baru Kecamatan Walenrang Selatan Kabupaten Luwu mengakibatkan sungai Makawa  meluap, sehingga hal tersebut mengacam pemukiman dan persawahan warga.

Pasalnya telah terjadi banjir akibat meluapnya sungai Makawa dan merendam beberapa rumah warga. Debit sungai yang besar serta air yang megalir deras mengakibatkan tanah di pinggir sungai terus mengalami pengikisian.

Dilaporkan bahwa ada 4 rumah warga yang telah terbawa banjir, akses jalan yang menghubungkan 300 KK terputus serta 1/2 hektar persawahan terendam banjir. Diperkirakan akan terjadi banjir besar akibat curah hujan yang tinggi dan terus menerus turun di wilayah tersebut.

Skilful sinsur, salah satu warga yang bermukim di Desa Bolong, membenarkan hal tersebut saat dikonfirmasi oleh tim melalui Whatsapp.

Di desa kami telah terjadi banjir yang diakibatkan oleh meluapnya Sungai Makawa, dan disini hujan terus turun sehingga dihawatirkan akan terjadi banjir yang lebih besar jika tidak diatasi secepatnya” ungkapnya.

Skilful menambahkan bahwa terdapat 1,5 meter jarak antara tebing sungai dan jalan, dan akan terus terkikis oleh aliran sungai yang begitu deras. Kemudian masih ada 3 rumah disekitaran sungai makawa yang terancam terbawah oleh banjir.

Masyarakat berharap gerakan cepat dari pemerintah daerah untuk mengambil langkah dalam mengatasi sungai makawa yang semakin meluap, apalagi pemerintah daerah sudah meninjau sungai tersebut tapi belum ada gerakan antisipatif yang meraka lakukan. Sementara pemerintah desa tidak memiliki upaya untuk membendung sungai makawa yang semakin terkikis oleh arus air yang sangat deras. (Tim)

SebelumnyaDiduga Stres, IRT di Bengo Tenggak Racun Hingga Meregang Nyawa
SelanjutnyaWakapolda Sulsel Tinjau Vaksinasi Merdeka di Pesantren Nahdatul Ulum