Tim Penggerak PKK Luwu Timur Raih Juara Lomba Memasak

66

Luwu Timur, batarapos.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriyati Budiman mengikuti lomba memasak pangan sehat dan bergizi, berbahan dasar jagung, berbasis Berdaya Lokal Menggunakan Kompor Induksi dalam rangka penerapan Green Living.

Pelaksana Kegiatan adalah Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama PIKK PT. PLN (Persero) UIW Sulselrabar yang bertempat di Hotel The Rinra Makassar, Minggu (31/10/2021).

Acara tersebut dibuka langsung Plt. Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, Naoemi Octarina didampingi ketua PIKK PT. PLN (Persero) UIW Sulselrabar, serta Ibu-ibu Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta para Ketua TP PKK se-Sulsel dengan Dewan Juri Lomba Masak, dari, Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, PIKK PT. PLN (Persero) UIW Sulselrabar dan Chef Norman yang merupakan juru masak selebriti.

Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, Naoemi Octarina mengatakan, Lomba masak ini bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam bergizi seimbang dan aman berbasis sumberdaya pangan lokal. Memberikan alternatif penggunaan energi yang lebih efisien dan ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari menggunakan kompor listrik induksi.

Naoemi Octarina lebih jauh menjelaskan bahwa, kompor induksi ini sumber utamanya dari listrik. Jadi bukan lagi menggunakan gas atau alat bakar lainnya, sehingga dalam penggunaan lebih efisien dan efektif karena hanya dicolokkan pada listrik kemudian dinyalakan dengan durasi waktu tertentu. Sementara suhu temperatur yang dihasilkan bisa disesuaikan dan untuk jenis masakan itu sudah dibuatkan mode tertentu.

Sementara, Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriyati Budiman mengolah bahan lokal dengan bahan utama Jagung yang disediakan panitia menjadi masakan khas Sulawesi Selatan, yakni Barobbo.

“Barobbo menjadi pilihan karena bahan dasarnya adalah jagung. Begitu pula dengan peserta lain,” kata Hj. Sufriyati Budiman saat menyajikan masakannya.

“Olehnya itu, melalui lomba hari ini, selain menunjukkan bakat memasak sebagai ibu rumah tangga, kita juga melestarikan masakan tradisional Sulawesi Selatan yang sangat direkomendasikan karena kaya nutrisi,” lanjutnya.

“Dan Alhamdulillah, Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur berhasil meraih penghargaan sebagai Harapan ketiga pada Lomba Masak Menu Sehat Berbasis Pangan Lokal menggunakan Kompor Induksi, Antar Ketua TP PKK Kabupaten Kota se Sulsel,” imbuhnya.

Penghargaan ini, menurut dia, tentunya sudah menjadi kebanggaan tersendiri dan sudah ikut berpartisipasi, walaupun sebenarnya hanya harapan ketiga, tapi itu sudah menjadi hasil yang terbaik.

“Terima kasih kepada teman-teman, kader PKK yang terlibat membantu dalam proses lomba ini, sehingga meraih harapan ketiga, tapi mungkin inilah takdir dari usaha dan upaya kita,” ucap istri Bupati Luwu Timur tersebut.

Sementara itu, Dewan Juri, Chef Norman mengatakan, secara spesifik sebenarnya antara semua pemenang tidak bisa dibedakan secara rinci, semua hasil masakannya memberikan cita rasa tersendiri, dan semua hasil masakannya mengeluarkan aroma-aroma tertentu. (hms/ikp/kominfo)

SebelumnyaPBNU Akan Mediasi KOPSA-M terkait Praktik Mafia Tanah oleh PTPN V dan PT. Langgam Harmuni
SelanjutnyaArtis Ini Naik ke Puncak Gunung, Bagi-Bagi Sembako Saat Acara Baksos Sukaresmi