Tingkatkan Spiritualitas dan Humanitas, HMPS Sosiologi Agama IAIN Palopo Gelar Safari Ramadhan

26

Luwu, batarapos.com – Tingkatkan Spiritualitas dan humanitas di bulan Suci Ramadhan, Himpunan Mahasiswa program studi (HMPS) Sosiologi Agama IAIN Palopo menggelar Safari Ramadhan di Desa Tanete, Kecamatan Walenrang Timur, kabupaten Luwu.

Kegiatan Safari ramadhan itu berlangsung selama kurang lebih satu minggu, dimulai sejak tanggal 26 April-02 Mei 2021 kemarin.

Hal itu di katakan Ketua Umum HMPS Sosiologi Agama IAIN Palopo Risdayani Nur R, melalui Via WhatsApp miliknya, Kamis (6/5/2021).

Risdayani Nur R mengatakan bahwa Safari Ramadhan ini merupakan salah satu program kerja dari HMPS Sosiologi Agama IAIN Palopo, yang bertujuan untuk meningkatkan spiritualitas dan Humanitas mahasiswa Prodi Sosiologi Agama dengan masyarakat, yang notabenenya merupakan suatu program studi yang seharusnya lebih dekat terhadap masyarakat dan mampu memberikan solusi bagi masyarakat termasuk dalam bidang keagamaan dan Kemasyarakatan.

Safari Ramadhan ini juga dalam rangka menguatkan mental dan pengetahuan spiritualitas sekaligus meningkatkan Silaturahmi dan Ukhuwah Islamiyah antara masyarakat dengan Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama,” tulisnya.

Risdayani Nur R, Ketua Umum HMPS Sosiologi Agama IAIN Palopo mengungkapkan bahwa Safari Ramadhan ini juga adalah untuk mempererat hubungan Prodi Sosiologi Agama IAIN Palopo dengan masyarakat sekaligus berbagi pengetahuan tentang keagamaan.

“Sebagai mahasiswa Program studi Sosiologi Agama yang pada umumnya mempelajari tentang masyarakat (bergerak dibidang kemasyarakatan), maka dari itu kami melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan,” ungkapnya.

Ia melanjutkan bahwa agenda Safari ramadhan juga menjadi ajang Silaturahmi dan mempererat Ukhuwah Islamiyah antara mahasiswa dengan Masyarakat di desa Tanete, kecamatan Walenrang Timur. Semoga dengan apa yang dapat kami berikan selama Kegiatan Safari Ramadhan Berlangsung dapat bermanfaat kepada masyarakat, termasuk kepada Remaja Masjid Istiqomah dan Nurul Huda yang sangat antusias ingin belajar dan berproses dalam meningkatkan spiritualitas masyarakat.

Kami segenap Pengurus HMPS Sosiologi Agama berharap agar kedepannya masih diberikan kesempatan untuk mengabdi di Desa Tanete, kec. Walenrang Timur ini dalam hal Kegiatan Safari Ramadhan,” ujarnya.

Dan Ucapan Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua kalangan masyarakat, Remaja Masjid Istiqomah dan Nurul Huda serta adik-adik TPA yang telah menerima kedatangan kami dengan begitu sangat baik, yang tentunya dapa menjadi amalan bagi kita semua dibulan Suci Ramadhan ini. Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan diberikan Umur panjang untuk kembali berjumpa dibulan Ramadhan yang akan datang,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Safari ramadhan Irham Sanfajar, mengaku bahwa kegiatan Safari Ramadhan ini sebagai bentuk Perhatian Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama terhadap Penguatan Spiritualitas dan menjaga Humanitas antara Mahasiswa dengan Masyarakat.

Dengan adanya kegiatan ini kami berharap dapat meningkatkan Spiritualitas dan humanitas kami selaku mahasiswa terlebih kepada masyarakat sehingga kedepannya dapat menjadi alarm bagi kami bahwa Sebaik-baik manusia adalah Ia yang bermanfaat bagi orang lain dan menyadarkan kami bahwa ilmu adalah Amaliah (ilmu adalah hal yang perlu diamalkan) yang dapat menjadi amal jariyah,” harapnya.

Diketahui selama sepekan melaksanakan Safari Ramadhan ada beberapa item kegiatan yang menjadi titik fokus HMPS Sosiologi Agama IAIN Palopo yakni, Mengajar mengaji, Ceramah, Hafalan surah pendek, Doa sehari-hari, Praktek sholat beserta bacaannya, wudhu dan Adzan yang merupakan menjadi Persiapan adik-adik untuk mengikuti Lomba Festival Anak Sholeh, serta Buka bersama dengan masyarakat.(Deddi)

SebelumnyaMomen Ramadhan, Bupati Lutim Santuni Anak Yatim
SelanjutnyaBantuan Covi19 Desa Padaelo  Diduga Tidak Tepat Sasaran, Warga : Banyak Dobel, Orang Kaya Terima Bantuan !