Wabup Morut Terima Audiensi BKKBN Provinsi Sulteng

Morowali Utara, batarapos.com – Wakil Bupati Morowali Utara, H. Djira K, menerima audiensi Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah bertempat diruang kerja Bupati Morowali Utara, Senin, (19/6/2023).

Wabup Djira menjelaskan tujuan dari BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah ini berkunjung terkait rencana penyusunan buku Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK).

Grand Desain Pembangunan Kependudukan (GDPK) ini adalah satu dokumen induk yang dapat dijadikan rujukan dalam perencanaan pembangunan termasuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sampai dengan tahun 2045 mendatang.

Tim BKKBN Provinsi yang didampingi oleh Ketua Koalisi Kependudukan Indonesia untuk Provinsi Sulawesi Tengah secara khusus bertemu Wabup dalam rangka penyusunan Grand Desain Pembangunan Kependudukan untuk Kabupaten Morowali Utara.

Tim yang telah mengunjungi berbagai Kabupaten seperti Kabupaten Banggai, Tojo Una-Una, Poso, dan Parimo ini ingin agar Kabupaten Morowali Utara yang saat ini tengah menjadi pusat industri pertambangan agar dapat segera menyusun GDPK.

Hal ini penting dilakukan mengingat GDPK sendiri bertujuan untuk mengukur seberapa besar daya tampung suatu daerah dalam menampung kepadatan penduduk beberapa tahun kedepan serta tata kelola pembangunan termasuk sarana dan prasarana yang ada harus seimbang dengan jumlah penduduk yang ada.

GDPK melibatkan beberapa instansi lain seperti Kementerian Desa, Kementerian Dalam Negeri, Kementrian Agama yang berada di pusat. Sedangkan untuk instansi di daerah melibatkan berbagai instansi seperti Bapeda, Disdukcapil, Dinas PMD, Dinas Transmigrasi, BPS sampai dengan Pemerintah Desa.

” Harapan kami dari Tim BKKBN Provinsi agar Kabupaten Morowali Utara dapat segera melakukan konsolidasi dan membentuk tim yang dituangkan dalam SK Bupati. Setelah itu secara berjenjang dibeberapa sektor yang terlibat dapat segera berkumpul untuk merumuskan awal pembuatan GDPK melalui penyusunan naskah akademik yang akan didampingi Prof. Chairil Anwar MA. Ph.D selaku akademisi Untad”, jelas Muh. Rosni dari BKKBN Provinsi.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Tim BKKBN Provinsi, Wabup Djira menyambut dengan baik terkait audiensi GDPK yang disampaikan.

Beliau merespon cepat apa yang disampaikan oleh Tim dari BKKBN Provinsi dengan memberikan instruksi kepada Sekda dan Kepala Bappelitbangda agar GDPK ini dapat segera dibahas dengan para Kepala OPD terkait dalam rapat Koordinasi bulanan yang akan berlangsung di Ruang Pola.

” Terkait GDPK, nanti kita akan bahas dengan para Kepala OPD dalam rapat koordinasi bulanan yang sebentar lagi akan berlangsung di Ruang Pola,” ujarnya.

Diakhir audiensi, Wabup Djira menerima Buku Panduan Penyusunan GDPK yang diserahkan langsung oleh Prof. Chairil Anwar selaku Ketua Koalisi Kependudukan Indonesia untuk Provinsi Sulawesi Tengah.

Nampak hadir mendampingi Wabup yakni Sekretaris Daerah Morut, Musda Guntur, Kepala Bappelitbangda Gerzom Tandi, Kepala DP2KBP3AD Romelius Sapara beserta sejumlah staf.

Tim batarapos.com/RD

SebelumnyaLaksanakan Donor Darah, Kapolres Luwu Utara : Semoga Bermanfaat bagi Pasien yang Membutuhkan
SelanjutnyaBersama Puskesmas Nuha, PT Vale Dukung Pencegahan Stunting Di Luwu Timur