Sekretaris KAMU Bungkam, Dinas Pertanian Akui Ada Lahan Kosong Masuk PSR

309

Luwu Timur, batarapos.com – Dinas pertanian Kabupaten Luwu Timur melalui kepala bidang perkebunan mengakui adanya lahan kosong yang diusulkan Koperasi Serba Usaha Koperasi Agro Mandiri Utama (KSU KAMU) kedalam program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

Itu diketahui saat tim Pendamping PSR Dinas Pertanian Luwu Timur mengunjungi langsung lahan yang diberitakan batarapos.com beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Perkebunan (Muchtar, SP) saat dikonfirmasi membenarkan adanya lahan kosong tersebut, namun jumlah luasan lahan belum disebutkan, pasalnya menurut Muchtar, timnya masih mengunjungi beberapa lahan yang laporannya kosong.

“Tim sudah meninjau langsung ke lapangan dan betul-betul berada di lokasi yang dimaksud berdasarkan informasi, dan benar ada lahan kosong yang masuk PSR yang diusulkan koperasi KAMU, tim juga masih sementara dan terus melakukan peninjauan langsung ke titik lokasi,” Ungkap Kepala Bidang Perkebunan Luwu Timur.

Terpisah, Sekretaris Koperasi KAMU (M. Alwan) saat dikonfirmasi via WhatsApp enggan memberikan komentar alias bungkam.

Konfirmasi batarapos.com tersebut, terkait pengakuan Dinas Pertanian adanya lahan kosong yang diusul Koperasi KAMU.

Diketahui, M. Alwan sejak pemberitaan awal batarapos.com terkait adanya lahan diduga kosong masuk PSR, ia aktif dalam memberikan konfirmasi dan membantah keras jika lahan yang diusulkan tidak ada lahan kosong.

Lahan kosong atau kebun yang tidak ada tanaman sawit untuk diremajakan tidak boleh didaftarkan ke program PSR, itu dikatakan Kepala Sub Dit Tanaman Tahunan (Ir. Arifin Pangaribuan, M.M).

“Kalau diaturannya lahan kosong nggak bisa masuk pendataan PSR, kan sudah ada syaratnya untuk masuk program PSR, seperti umur tanaman, produksi rendah, bibit tidak jelas asal usul, kalau lahannya kosong ya nggak bisa” tegas Ir. Arifin Pangaribuan, M.M, saat dikonfirmasi batarapos.com. (HS).