29 Mei 2024, 8:17 am

Akhir Pekan, Bupati Budiman Kunjungi 3 Objek Wisata Pantai Luwu Timur

Liputan : Humas/Kominfo – sp
Editor : Ida Lestari

Luwu Timur, batarapos.com – Siapa yang tidak mengenal Pantai Lemo dan Pantai Ujung Suso yang ada di Desa Mabonta Kecamatan Burau. Pantai yang menyajikan alam yang indah dan sejuk ini merupakan salah satu destinasi wisata Kabupaten Luwu Timur.

Guna lebih meningkatkan lagi dan lebih meramaikan lagi kedua pantai tersebut, Sabtu (14/10/2023) pagi, Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama Anggota DPRD, Sarkawi, para Asisten dan Staf Ahli, dan para Kepala OPD memanfaatkan akhir pekan ini untuk melakukan peninjaun dan pengecekan lokasi terkait perkembangan kedua destinasi wisata tersebut agar bisa lebih meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Luwu Timur kedepannya.

Kunjungan ini juga merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Bupati Luwu Timur bersama pimpinan DPRD Lutim dan beberapa kepala OPD ke Kabupaten Badung Provinsi Bali untuk mempelajari dan mengadopsi bagaimana cara menghasilkan PAD melalui sektor pariwisata.

Kedatangan Bupati Luwu Timur bersama rombongan di Pantai Lemo disambut Camat Burau, Akbar Bahar beserta istri, Kades Mabonta, Ketua BPD Mabonta, dan Pokdarwis. Seturunnya dari mobil dinasnya, Budiman langsung meninjau beberapa titik di pantai lemo tersebut diantaranya Gazebo yang mulai tidak terurus, dan tanggul pantai yang kebersihannya perlu di jaga.

Tidak hanya itu, Bupati juga menyempatkan meninjau progress pembangunan jembatan penghubung desa yang sudah hampir rampung, disela-sela pemantauannya, Budiman juga menyempatkan menyapa warga yang tengah mengerjakan rumput laut.

Pada kesempatan ini, Budiman berpesan kepada kepala Desa Mabonta dan BPD desa agar menjaga kebersihan jalan dan pinggir pantai lemo dan ujung suso dengan mengajak serta warga untuk bersama-sama Pemdes berpartisipasi membersihkan desa, dan juga memasang lampu di pinggir pantai agar terang dan indah.

Puas mengunjungi dan memantau beberapa titik di pantai lemo, Bupati Budiman pun mengajak rombongan termasuk para Kepala Desa se-Kecamatan Burau yang sempat hadir untuk berjalan menuju Pantai Ujung Suso dengan menyisir bibir pantai yang kebetulan airnya masih surut.

Di sepanjang perjalanan menuju pantai ujung suso, Bupati tidak henti-hentinya berdiskusi dengan Kades Mabonta dan BPD desa Mabonta guna memberikan masukan untuk memanfaatkan pantai tersebut agar bisa meningkatkan PAD desa maupun Luwu Timur.

Setiba di Pantai Ujung Suso, Bupati Luwu Timur menyapa satu per satu pengunjung yang sedang menikmati hari libur.

Bupati Budiman mengatakan bahwa, hari libur ini kita memanfaatkan waktu untuk melihat objek wisata secara keseluruhan. Jadi semua pemangku kepentingan hadir.

” Mudah-mudahan ketika kita datang melihat tempat ini, kita punya wawasan dan kita bisa membuat program yang membuat tempat wisata ini lebih baik lagi, itu intinya kita hadir langsung disini,” ucapnya.

Budiman berharap kepad dinas terkait agar objek wisata ini di desain dengan desain yang enak dilihat. Dan dengan desain itu nantinya, akan menandakan bahwa ini adalah objek wisata.

” Kemarin ada 10 kepala dinas saya bawa ke Bali, jadi masih baru fikirannya makanya kita langsung kesini karena memang waktu itu kita jalan-jalan di pantai kuta dan kurang lebih sama sebenarnya dengan pantai kita. Cuma ada beberapa infrastruktur perlu menyesuaikan, tidak perlulah kita mencontoh 100%, kalau ada 20% bisa kita adopsi, itu sudah sangat luar biasa,” bebernya.

” Jadi yang pertama kita fokuskan ialah dengan berpartisipasi menjaga kebersihan, kalau bersih dan terang pastilah cantik desa itu. Saya berharap masyarakat yang berada di sekitar pantai ini, mari kita sama-sama, partisipasi kita menjaga karena ini aset yang Tuhan berikan,” pesan Budiman dihadapan pelaku UMKM yang berada di Pantai Ujung Suso tersebut.

Kegiatan kunjungan wisata pantai diakhir pekan ini pun ditutup dengan diskusi dan santap siang dengan menikmati keindahan wisata Pantai Balo-Balo Desa Balo-Balo Kecamatan Wotu, bersama Camat Wotu, Hasis Dawi dan istri, Kades Balo-Balo, BPD Desa Balo-Balo dan aparat Desa.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan