Seminar Pendahuluan Rencana Pengembangan Kawasan Perdesaan (RPKP) 2019 Di Wasuponda

1

Wasuponda, Batarapos.com – Pemerintah kabupaten Luwu Timur bersama PT Vale Indonesia, melakukan seminar RPKP 2019, diaula kantor camat Wasuponda, Kamis(19/9/19).

Seminar yang dihadiri oleh Kabag pemerintahan, Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan, dan PT Vale Indonesia. sebagai narasumber.

Turut pula dihadiri oleh pengurus Bumdes, delegasi desa, tokoh adat, tokoh masyarakat dan perempuan, serta kades se-kecamatan Wasuponda dan BPD.

Dalam seminar dijelaskan oleh narasumber, bahwa RPKP adalah rencana pengembangan kawasan Perdesaan atau disebut juga Grand Design yang menjadi acuan pelaksanaan yang merujuk kepada dimensi ekonomi, dimensi lingkungan, dimensi sosial budaya, dimensi sarana dan prasarana, serta dimensi kelembagaan.

Dengan latar belakang program pengembangan kawasan Perdesaan mandiri yang disingkat PKPM, bertujuan untuk mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan, pengembangan ekonomi atau pemberdayaan masyarakat desa melalui partisipasi dengan mengintegrasikan berbagai kebijakan, rencana, program, dan kegiatan para pemangku kepentingan pada peningkatan kawasan yang ditetapkan dalam rangka memfasilitasi peningkatan produksi, daya saing, nilai tambah, dan kemandirian ekonomi masyarakat diwilayah terdampak operasi PT Vale Indonesia.

Diketahui tujuan dilakukannya seminar RPKP 2019, untuk melakukan sinkronisasi RPKP dan kebijakan stakeholder terkait. Baik aspek legalitas, regulasi, hukum adat, serta kearifan lokal. Yang berlaku dikawasan tersebut, khususnya aspek sosial budaya masyarakat.(AR)