5 Maret 2024, 3:47 pm

Bupati dan Wakil Bupati Hadiri Peresmian Taman Bhinneka Tunggal Ika Polres Lutim

Liputan : Humas / kominfo-sp
Editor : Nur Ainun

Luwu Timur, batarapos.com – Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama istri didampingi Wakil Bupati Lutim, Muhammad Akbar bersama istri menghadiri acara Peresmian Taman Bhinneka Tunggal Ika Polres Lutim yang terletak disamping Kantor Baru Polres Lutim, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Jumat (13/10/2023).

Taman Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki luas 2.625 meter persegi ini didalamnya terdapat 3 rumah ibadah yakni Masjid Al-Ukhuwah, Rumah Doa Tribrata Kasih dan Pura Tri Buana yang merupakan ide dan inisiasi dari Kapolres Lutim, AKBP. Silvester MM. Simamora.

Dalam sambutannya, Bupati Budiman mengatakan bahwa, hari ini kita melakukan satu kebaikan lagi, dan memberikan apresiasi buat Kapolres Lutim yang telah menginisiasi pembangunan Rumah Ibadah Bhinneka Tunggal Ika ini.

” Kita bisa bayangkan, berapa orang akan datang sujud dan berdoa di rumah ibadah ini, kebaikan pasti datang. Kita berharap ini menjadi syiar dan menjadi inspirasi bagi daerah lain dan bagi masyarakat lain,” ucap Bupati.

Kepada kedua orang tua kapolres, Bupati mengucapkan terima kasih bahwa orang yang telah mereka lahirkan telah membuat sebuah legacy besar di Kabupaten Luwu Timur Bumi Batara Guru.

” Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Luwu Timur mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, mari kita contoh kebaikan-kebaikan itu, mari kita jaga kebaikan-kebaikan ini, yang seribu tahun yang lalu ini sudah menjadi daerah yang majemuk, 12 anak suku, beda agama, beda bahasa, jadi orang Luwu Timur ini tidak perlu diajarkan kebhinekaan, toleransi, keberagaman karena kita memang sudah dari awal beragam,” tegas Budiman.

Kapolres Lutim, AKBP. Silvester MM. Simamora mengucapkan terima kasih kepada semua hadirin yang telah hadir pada acara peresmian tiga rumah ibadah di Taman Bhinneka Tunggal Ika Polres Lutim.

” Ide ini, selain dari Bhinneka Tunggal Ika, juga dari prinsip yang sudah ditanamkan nenek moyang kita, khususnya Sulawesi, yakni Sipakatau, Sipakalebbi, dan Sipakainge,” imbuhnya.

” Selain karena 3 prinsip tadi, saya juga diberikan support oleh istri saya dan juga bersama orang tua saya. Karena saya sudah sampai di bumi Sulawesi, maka peletakan batu pertama yang saya lakukan tanggungjawab saya harus diselesaikan,” imbunya menambahkan.

Terakhir Ia menitip 3 rumah ibadah ini untuk seluruh masyarakat Kabupaten Luwu Timur terkhususnya untuk personil Polres Luti. Kapolres berpesan agar jangan biarkan Masjid, Rumah Doa, dan Pura ini sepi, karena kalianlah yang akan membuat masjid itu makmur, rumah doa berseri dan Pura khidmat didalam melaksanakan ibadah.

” Tidak boleh ada hambatan dari masyarakat kalau ada yang mau masuk, apakah dia mau foto-foto atau melaksanakan kegiatan agama silahkan buka pintu yang selebar-lebarnya. Jangan ada hambatan ataupun larangan kepada seluruh masyarakat yang ada di muka bumi ini,” jelas Kapolres Lutim.

Peresmian Taman Bhinneka Tunggal Ika ini ditandai Penandatanganan Prasasti oleh Kapolres Lutim, dan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah FKUB ke Polres Lutim yang dilakukan Ketua FKUB Lutim, H. Ardias Barah dan Kapolres Lutim, AKBP. Silvester MM. Simamora.

Selanjutnya penyerahan Piagam Penghargaan kepada perwakilan para Donatur, diantaranya Kepada Bupati Luwu Timur, H. Budiman, PT. Vale Indonesia, PT. Citra Lampia Mandiri (CLM), PT. Bangunindo Karya Lutama, Kepala Desa Kawata, perwakilan Personil Polres Lutim, dan PT. Putra Pongkeru Utama Jaya.

Terakhir menggunting pita di 3 rumah ibadah dan melihat secara langsung ke dalam bangunan rumah ibadah tersebut.

unsur Forkopimda Lutim, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Lutim, Laila Yadyn, Ketua Pengadilan Agama, perwakilan Pengadilan Negeri, Macoa Bawalipu 61, Bau Muh. Aras Abdi To Baji Pua Sinri, Kakan Kemenag, Ketua FKUB beserta seluruh alim ulama, pendeta, pastor dan Tokoh-Tokoh Agama, Management PT. Vale, Management PT. CLM, para Kepala OPD, Camat, Dandim 1403 Sawerigading Palopo yang hadir secara virtual, dan kedua orang tua dan mertua Kapolres Lutim yang hadir secara virtual, Wakapolres Luwu Utara, Kompol Muh. Rifai, Ketua Panitia Pembangunan, Kompol Syamsul yang juga Wakapolres Lutim, Content Creator (CEO Bedabaik), Rijal Djamal.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan