5 Maret 2024, 3:29 pm

Biro Umum Setda Provinsi Sulsel Kunker ke Lutim Terkait Implementasi Aplikasi Srikandi

Liputan : Humas / kominfo-sp
Editor : Nur Ainun

Luwu Timur, batarapos.com – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menerima kunjungan kerja Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan terkait implementasi srikandi dan penataan arsip sekaligus penyamaan presepsi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Lutim yang berlangsung di Gedung Layanan Perpustakaan, Kamis (12/10/2023).

Rombongan Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sulsel, yang terdiri dari Fungsional Arsiparis Ahli Pertama, Sulaiman didampingi Arsiparis Mahir, Jumarni dan Indriyani Baan Rante Allo, diterima Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Satri, Sekretaris DPK, Noviya Syahriani Syam dan Kabid Kearsipan, Khairil.

Pada kesempatan tersebut, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Lutim, Satri mengungkapkan bahwa, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lutim telah menjadi lokus studi tiru terkait pengolahan kearsipan dan implementasi srikandi untuk wilayah Sulsel bahkan untuk wilayah Indonesia Timur.

” Ini setelah Kabupaten Luwu Timur menerima penghargaan tingkat nasional oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai pemerintah daerah Kabupaten/kota dengan kinerja terbaik di propinsi Kategori BB “Sangat Baik” dan penghargaan nasional atas konsistensi dan keberhasilan dalam mengimplementasikan aplikasi srikandi di berbagai perangkat daerah,” terang Satri.

Menurut Satri, implementasi srikandi merupakan salah satu wujud langkah konkret menyikapi arahan presiden Joko Widodo terhadap bidang kearsipan diera digital. Dimana cara-cara lama konvensional atau manual dalam pengelolaan arsip dialihkan dengan cara baru yaitu inovasi adaptasi TIK, sehingga pengelolaan kearsipan menjadi terintegrasi, efisien, efektif serta terdokumentasi dengan baik dan disajikan secara menarik.

” Oleh karena itu, kita berharap setelah kunjungan kerja dari biro umum khususnya Sekretariat Provinsi Sulawesi Selatan dapat segera mengimplementasikan aplikasi srikandi dan mewujudkan penyelenggaraan kearsipan berbasis teknologi informasi komunikasi, sehingga bisa lebih efektif dan efisien dalam proses administrasi pemerintahan,” harap Kadis Perpustakaan dan Kearsipan.

Sementara itu, Admin Srikandi Lutim dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP), Muhammad Akbar Syarif, memaparkan secara teknis terkait implmentasi aplikasi srikandi di Jajaran Pemerintah Kabupaten Luwu Timur kepada rombongan Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sulsel.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan