5 Maret 2024, 4:07 pm

Bupati Luwu Timur Serahkan 247 Unit Alat Pertanian Kepada 49 Poktan

Liputan : Kominfo-SP Luwu Timur
Editor : Nur Ainun

Luwu Timur, batarapos.com – Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyerahkan secara simbolis bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa Hand Traktor merek Yanmar dan Hand Sprayer sebanyak 247 unit kepada 49 Kelompok Tani (Poktan) se-Kabupaten Luwu Timur.

Penyerahan yang berlangsung di Aula Dinas Pertanian, Senin (23/10/2023) tersebut, turut disaksikan Anggota DPRD Lutim, Suprianto, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Aini Endis Anrika, serta Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Lutiim, Amrulla Rasyid beserta jajarannya.

Alsintan yang diserahkan hari ini yang yang berjumlah 247 unit kepada 49 Poktan dengan rincian Hand Traktor Roda Dua sebanyak 27 unit Merk yanmar (penerima hibah sebanyak 27 kelompok tani) dengan nilai kontrak RP. 841.604.100,- dan Hand Sprayer sebanyak 220 unit  dengan merk TaniKaya (penerima hibah sebanyak 22 kelompok tani) dengan Nilai Kontrak Rp. 181.500.000,- yang  bersumber dari Dana APBD Pokok Kabupaten Luwu Timur tahun 2023 dengan nilai total keseluruhan Rp. 1,023,104,100.

Dalam arahannya, Bupati Budiman menjelaskan bahwa, tadinya bantuan ini mau diserahkan disetiap kecamatan, tapi menurut beliau akan lama waktunya, jadi Ia menyarankan agar undang mereka saja, dihadirkan dan diserahkan disini biar cepat bermanfaat.

” Jadi hari ini kita mencoba memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan, karena bantuan ini bukan inisiatif dari atas, bapak bermohon, pemerintah daerah fasilitasi dan DPRD yang setujui,” ungkapnya.

Menurut Budiman, kegiatan ini penting untuk dihadiri untuk mengingatkan kita bahwa ini dananya dari APBD yang bersumber dari masyarakat, makanya tahun depan kita akan mencoba menaikkan anggaran Dinas Pertanian sesuai dengan kebutuhan.

” Jadi saya berharap bantuan ini dimanfaatkan dengan baik dan dirawat dengan baik, jika memang nantinya ada kerusakan-kerusakan sedikit agar segera diperbaiki supaya tidak menimbulkan kerusakan-kerusakan lainnya, dan jika sudah dipakai agar dibersihkan, itu adalah bentuk rasa syukur kita terhadap bantuan alsintan tersebut,” pesan Bupati.

Terakhir Ia juga berpesan kepada Kadis Pertanian agar melihat kelompok mana yang sudah menerima, agar kedepan kelompok lain lagi yang diberikan, jangan ada yang berulang mendapatkan bantuan.

” Harapan saya, kedepan cari yang betul-betul dibutuhkan masyarakat, bukan dibutuhkan secara politik, jadi apa kebutuhan petani dia sampaikan ke kita untuk diadakan sesuai kemampuan,” jelas Bupati Luwu Timur.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketanahan Pangan, Amrullah Rasyid melaporkan bahwa, kegiatan sesuai dengan petunjuk bapak Bupati untuk bagaimana mengambil langkah-langkah dalam meningkatkan kesejahteraan atau meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor pertanian, atau sebaliknya menekan pertumbuhan ekonomi dari sektor tambang.

” Pada hari ini, atas petunjuk tersebut, untuk anggaran pokok akan dibagikan kepada 27 kelompok tani yaitu terdiri dari 27 unit Handtraktor Roda dua dan kepada 22 kelompok tani calon penerima handspriyer jumlahnya 220 unit,” ujarnya.

” Insha Allah sudah ditetapkan dalam APBD perubahan, traktor ini akan ditambah kepada 42 kelompok tani yang juga berjumlah 42 unit, kemudian Handspriyer 352 unit, Mist Blower 50 unit, Transplanter (mesin tanam) 10 unit, dan Alkom 10 unit,” tandas Amrullah.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan