30 Mei 2024, 5:08 pm

Dua Sungai Besar Meluap di Luwu Utara, 10 Desa di Baebunta Selatan Terendam Banjir, Ini Desa Terparah

Liputan : Dedi

Luwu Utara, batarapos.com – Tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan beberapa hari terakhir mengakibatkan dua sungai besar meluap.

Meluapnya dua sungai tersebut yakni sungai Rongkong dan sungai Baliease mengakibatkan beberapa kecamatan di Kabupaten Luwu Utara terendam banjir.

Titik terparah berada di Kecamatan Baebunta Selatan, Kabupaten Luwu Utara. Dimana di wilayah tersebut merendam 10 Desa, Selasa (23/04/2024).

Camat Baebunta Selatan Ikhdiani mengatakan bahwa banjir yang terjadi di Kecamatan Baebunta Selatan, kali ini merupakan bencana banjir yang terparah dimana meluapnya dua sungai besar itu merendam 10 Desa yang berada di Baebunta Selatan.

“Ada 10 desa yang terendam banjir yakni desa Beringin Jaya, Lawe-lawe, Polewali, Lara, Mekar Sari Jaya, Lembang-Lembang, Sumpira, Mukti Jaya, Mukti Tama, dan Marannu, tapi yang terparah ada di desa Beringin Jaya, Lawe-lawe, Polewali, Lara, Mekar Sari Jaya, dan Lembang-Lembang,” kata Ikhdiani.

Ikhdiani juga menjelaskan jika peristiwa tersebut juga merendam ribuan rumah warga serta ribuan hektare lahan perkebunan dan pertanian, banjir tersebut juga merendam beberapa fasilitas ibadah dan sarana pendidikan.

“Akibat banjir itu, perkebunan warga di perkirakan gagal panen,” ucapnya.

Saat ini pihaknya juga membutuhkan bantuan dari pemerintah setempat berupa Air Bersih, Perahu Karet, Logistik dan Layanan Kesehatan.

“Kita berharap adanya bantuan dari pemerintah berupa air bersih, perahu karet, logistik dan layanan kesehatan karena kondisi saat ini begitu parah di banding tahun 2022 lalu,” jelas Camat Baebunta Selatan.

Terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Utara, Muslim Muktar, mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan assessment berapa kecamatan yang terdampak banjir.

“Untuk total kecamatan yang terdampak di Kabupaten Luwu Utara kita masih melakukan assessment,” jelasnya.

Dirinya juga menyampaikan jika banjir terjadi dipicu akibat meluapnya dua sungai di Kabupaten Luwu Utara.

“Ada dua sungai yang meluap yakni Baliease dan Rongkong hingga masuk ke pemukiman warga,” tutupnya.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan