Ini Pesan Kajari Kepada Pemkab Luwu Pada Peringatan Hari Hakordia Tahun 2020

32

Luwu, batarapos.com – Pemerintah Kabupaten Luwu bersama Kejaksaan Negeri Luwu menggelar kegiatan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2020 di aula Kantor Bappelitbangda Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, Senin (14/12/2020)

Hadir dalam kegiatan, Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang, Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Kepala Kejaksaan Negeri Luwu, Erny Veronika Maramba, Dandramil Belopa, Kapten CBA Marthen Luther, Ketua pengadilan Negeri Belopa, I Made Yuliada, Kabag Ops Polres Luwu, Kompol Samurai Anata, Sekda Luwu, Ridwan Tumbalolo, Para Staf Ahli Bupati, Asisten, Tenaga Ahli Bupati, Para Kepala OPD, Camat dan Kepala Desa.

Peringatan Hakordia tahun ini lebih menarik karena dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada para pemenang Lomba Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Desa.

Dalam sambutannya, Kepala Kejaksaan Negeri Luwu, Erny Veronika Maramba mengharapkan bahwa melalui momentum Hakordia yang dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada para pemenang Lomba KIP Desa dapat terus dilanjutkan oleh pemkab Luwu.

Lomba KIP Desa ini merupakan suatu loncatan kemajuan yang dilaksanakan di tingkat desa sebagai bentuk kepatuhan terhadap Keterbukaan Informasi Publik dalam mengelola keuangan negara, kita semua berharap kegiatan ini terus dilanjutkan ketingkat kabupaten, OPD yang ada dalam lingkup pemerintah Kabupaten Luwu harus melakukan hal yang sama”, kata Erny Veronika Maramba.

Kajari Luwu juga memberikan pesan kepada pemerintah kabupaten Luwu dalam momentum Hakordia Tahun 2020.

Dalam memperingati HAKORDIA tahun 2020 ini, saya Kajari Luwu mendorong agar pemerintah Kabupaten Luwu, mulai dari para Kepala OPD sampai kesemua jajaran Pemdes/Lurah agar menguatkan komitmen untuk senantiasa membangun kesadaran dan menerapkan budaya Anti korupsi serta menjauhkan perilaku korupsi dalam pelaksanan tugas, fungsi dan kewenangan yakni dengan mengedepankan integritas, profesional, transparan, dan akuntabel. Juga agar budaya anti Korupsi menjadi program pendidikan sejak usia dini di Kabupaten Luwu. Semoga Luwu makin maju, mandiri, dan terkemuka”, ucap Erny Veronika Maramba.

Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang memberikan apresiasi kepada Kajari Luwu yang telah menggagas pelaksanaan Kegiatan Lomba KIP Desa.

Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya Kepada ibu kajari Luwu atas ide yang cemerlang telah menggagas Lomba KIP Desa. Kegiatan ini sangat kami dukung karena melalui kegiatan lomba ini, Pemdes semakin termotivasi untuk mengembangkan ide kreatif dan selalu melakukan inovasi untuk melahirkan model pelayanan terbaik kepada masyarakat desa”, kata Dr H Basmin Mattayang.

Kepada seluruh jajaran pemerintah kabupaten Luwu, Bupati mengingatkan dalam menjalankan setiap kegiatan sesuai tupoksinya agar lebih mengedepankan penyelesaian administrasi sebelum mengelola keuangan negara.

Utamakan pertanggung jawaban administrasi, tidak usah terburu-buru dalam mengelola dan membelanjakan uang negara. Penyelesaian administrasi merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya tindakan korupsi. Ide dan gagasan ibu Kajari merupakan spirit bagi kita dalam mengelola keuangan negara”, lanjutnya.

Pada Lomba Keterbukaan Informasi Publik Desa tahun 2020, Desa Komba Selatan Kecamatan Larompong berhasil menjadi yang terbaik dan menjadi Juara Pertama, disusul Juara Kedua, Desa Langkidi, Kecamatan Bajo, Juara Ketiga, Desa Lamunre Tengah Kecamatan Belopa Utara.

Harapan Kesatu, Desa Murante Kecamatan Suli, Juara Harapan Kedua, Desa Senga Selatan Kecamatan Belopa, Juara Harapan Ketiga, Desa Lamasi Pantai Kecamatan Walenrang Timur dan Juara Favorit, Desa Kaladi Darussalam Kecamatan Suli Barat.(Kominfo/Jy)