2 Maret 2024, 8:39 pm

Jorok ! Begini Penampakan Bak Air Pamsimas Yang Dikonsumsi Warga Desa Asana

Luwu Timur – Penampakan bak penyaringan air Pamsimas yang dikonsumsi warga Desa Asana Kecamatan Burau, Luwu Timur terlihat jorok.

Endapan lumpur diarea bak dan tumpukan daun sebagian sudah masuk kedalam bak penyaringan sehingga terjadi pembusukan, itu dikarenakan tidak adanya penutup bak yang hanya menggunakan jaring untuk melindungi air dari kotoran.

Dikonfirmasi batarapos.com, Hery selaku pihak Dinas PUPR membenarkan kondisi bak penyaringan di Desa Asana tersebut, itu merupakan Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) 2021.

Ia mengaku sudah menerima keluhan masyarakat terkait hal tersebut, saat ini pihaknya tengah berupaya menganggarkan pembuatan penutup pada bak penyaringan.

“ Iya betul kami juga sudah terima dokumentasinya dari masyarakat, kita upayakan masukkan anggaran untuk pembuatan penutup karena memang saat dibangun tidak dianggarkan penutup, hanya inisiatif pakai jaring saja,” Ungkap Hery.

Selain penampakan yang jorok, Proyek Pamsimas yang dikelola oleh CV. Syalwa Kontruksi yang menelan APBD 2021 senilai Rp. 356.982.224 juga diduga dikerja asal jadi, pasalnya ratusan meter pipa tidak ditanam, hanya diletakkan diatas permukaan tanah.

Rekanan berdalih bahwa pipa itu sengaja tidak ditanam karena kondisi tanah, menurutnya itu atas dasar persetujuan Dinas terkait.

“ Itu sudah dikondisikan saat pemasangan, ada yang ditanam ada yang tidak, kita konsultasikan juga dengan Dinas saat itu, jadi yang tidak ditanam itu sekitar lebih seratus meter,” Kata Rahmat selaku pihak CV. Syalwa Konstruksi dikonfirmasi batarapos.com, Sabtu (5/3/22).

Tim batarapos.com

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan