22 Februari 2024, 1:19 am

Kajari Luwu Timur Launching Kampung Pangan di Desa Argomulyo

Kepala Kejaksaan Negeri Luwu Timur, Dr. Yadyn, secara resmi melauncing “ kampung  Pangan “ di desa Aromulyo, kecamatan Kalaena, Jumat (17/03/23).

Launcing kampung pangan ini merupakan salah satu upaya institusi kejaksaan menjaga kondisi terpenuhinya  pangan bagi Negara hingga perseorangan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya.

Pada  kesempatan itu Kajari Yadyn mengungkapkan dalam menginisiasi suatu project atau program diharapkan berdampak luas terhadap masyarakat, termasuk program kampung  pangan sehingga dapat menjadi barometer bagi daerah lainnya.

“ Mengapa desa Argomulyo yang kami pilih, ini sebenarnya hasil diskusi kami di café Adiyaksa dengan teman-teman atau kelompok stakeholders dengan pertimbangan beberapa kriteria yang kita lihat, bukan hanya persoalan tanaman pangannya, bukan hanya  persoalan perkebunan tapi Argomulyo  suatu daerah yang memiliki kalau bisa saya sebut  ‘ danau ‘ atau rawa yang akan kita manfaatkan bersama masyarakat,”  imbuh Yadyn.

Menurutnya, ketahanan  pangan bukan hanya dari sisi pangan atau perkebunan semata tapi juga dari sisi perikanan.

 “ Ini bisa menjadi harapan jangka panjang kita ke depan. Insyaallah kegiatan ini bukan sebagai pembuka dan penutup tapi kita membangun kontiunitas bagaimana Argomulyo bisa menjadi piltot projrct dan role model di waktu mendatang, sekaligus menjadi scoping ketahanan pangan di kabupaten Luwu Timur. Kegiatan ini bukan hanya diharapkan menjadikan desa Argomulyo menjadi desa ketahanan pangan tapi juga bisa menjadi desa agro wisata” imbuh Yadyn.

Launching kampung pangan di desa Argomulyo tersebut juga dihadiri kepala dinas pariwisata Luwu Timur, Andi Tabacina Akhmad, Camat Kalaena Muhammad Yusri, kepala desa Argomulyo Widiatmoko. Sejumlah perwakilan organisasi perangkat daerah Luwu Timur juga mengikuti kegiatan ini.

“ kami tentunya mengapresiasi kebijakan pak kajari Luwu Timur telah memilih dan menetapkan desa kami sebagai kampung pangan. Semoga kita bisa bersinergi bersama masyarakat kami mewujudkan desa ini sebagai percontohan dalam program ketahanan  pangan” kata Widiatmoko kepala desa Argomulyo.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penebaran rausan benih ikan Nila di kolam  pemancingan Marobo oleh Kajari serta sejumlah perwakilan dan komunitas yang hadir. Selain itu juga dilanjutkan dengan penanaman tanaman buah-buahan seperti Alpukat, Mangga, Rambutan dan lain-lain.

Tim batarapos.com

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan