Kampung KB Desa Balo-balo Lakukan Rapat Kerja

38

Luwu Timur, batarapos.com – Desa Balo-balo kecamatan Wotu kabupaten Luwu Timur, merupakan Wilayah yang  telah dicanangkan sebagai Desa Lokasi Kampung KB oleh DP2KB  Luwu Timur.

Dalam operasionalnya program ini menganut istilah Lintas sektor, yakni program kerja dari kampung KB adalah seluruh dimensi yang menjadi kebutuhan suatu desa dalam rangka peningkatan kwalitas hidup keluarga atau masyarakat.

Karena itu, maka program ini kemudian melibatkan lintas sektor dalam penanganan masalah sosial yang ada. Salah satu kelompok kerja yang terbentuk di dalamnya adalah Pokja Kasih sayang, yang diisi oleh masyarakat setempat.

Program kerja kasih sayang yang menjadi agenda dalam rapat kerja saat ini yakni : Program Dana sosial, dilaksanakan di Aula kantor Desa Balo-balo, Kecamatan Wotu.

Sekdes Balo-balo (Pawennari) mengatakan tujuan program Dana sosial ini adalah inisiatif masyarakat melalui rapat kerja dan kemudian nantinya juga dimanfaatkan untuk kegiatan sosial dan dikelolah oleh masyarakat sendiri melalui Pokja yang telah dibentuk.

Dana sosial ini pengelolaannya, yakni Pokja  mengumpulkan dana sejumlah 5000 rupiah setiap rumah yang sifatnya tidak memaksa, namun mengedepankan perhatian untuk empati, berisi ajakan salih kasih mengasihi antar sesama, yang dikelolah oleh pokja sendiri. Dan seluruh model pengumpulannya hingga pemanfaatannya dimusyawarahkan melalui Pengurus kampung KB. Yakni bertujuan untuk dana sosial semisal peristiwa kematian,” ujar Pawennari.

Kegiatan ini di dampingi oleh PL KB dari dinas DP2KB wilayah kecamatan Wotu, turut hadir ketua Pokja kampung KB Ahmad Lamo dan pengurus kampung KB Desa Balo-Balo.(Mus)