Mahasiswa Uncok di Lamaeto Buat Bunga Hias Dari Kulit Jagung

94

Luwu Timur, batarapos.com – Mahasiswa universitas Cokroaminoto (Uncok) Palopo yang lakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Lamaeto Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur merangkai kulit jagung jadi Bunga Hias, kreativitas mahasiswa Uncok yang dilakukan KKN di Desa Lamaeto mendapat apresiasi dari warga di Desa itu terkhusus kepada pemerintah Desa Lamaeto, merajuk kulit jagung yang sudah jadi sampah masyarakat menjadi Bunga hias justru dapat bernilai ekonomis dan hiasan untuk ibu rumah tangga.

Proses pembuatan dan perakitan kulit jagung menjadi bunga hias terlebih dahulu memilih kulit jagung yang kering lalu diberikan warna sesuai keinginan warna yang dibutuhkan, selanjutnya pewarnaan dilakukan melalui proses perebusan kulit jagung yang diaduk dengan pewarna tekstil atau winteks , kulit jagung yang sudah direbus dalam warna selanjutnya dikeringkan, setelah itu kulit jagung digunting sesuai model dan bentuk daun bunga yang diinginkan dan diberikan lilitan kawat untuk penyanggah daun pada ranting kayu, ujar Faisal Rahma kordes KKN Uncok desa Lamaeto.

Menurutnya, pembuatan kulit jagung yang dilakukan ini bekerja sama dengan ketua tim penggerak PKK Desa Lamaeto (Nengsi Jumardah) serta beberapa ibu rumah tangga, program ini merupakan bahagian program pemberdayaan ibu rumah tangga yang diinisiasi oleh Mahasiswa Uncok yang melakukan KKN di Desa Lamaeto.

“Kedepan ibu Rumah tangga di Desa Lamaeto sudah mampu membuat sendiri bunga hias dari kulit jagung, bahkan dapat dipasarkan sebagai nilai ekonomis dari keuntungan pembuatan kulit jagung yang kering disulap jadi Bunga Hias” kata Faisal Rahma sembari menyebut beberapa kegiatan atau program kemasyarakatan yang lain dilakakukan sejak dia dan 10 Rekannya yang lakukan KKN di Desa Lamaeto.

Secara terpisah, ketua Tim penggerak PKK Desa Lamaeto Nengsi Jumardah kepada media ini mengatakan bahwa kehadiran KKN Uncok di Desanya banyak manfaat dan kreasi yang dibuat melalui programnya, termasuk pembuatan kulit jagung yang diajari ibu ibu rumah tangga untuk merangkai bunga hias dan beberapa program kemasyarakatan lainnya.

“Kami atas nama masyarakat terkhusus ibu Rumah tangga di Desa Lamaeto menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kehadiran adik adik Mahasiswa dari universitas Cokroaminoto Palopo” kuncinya. (***).

SebelumnyaBersihkan Sampah di Danau Matano, HAM-Lutim Libatkan Pemda Luwu Timur
SelanjutnyaBupati Luwu Utara Serahkan Bantuan Korban Kebakaran