26 Mei 2024, 8:29 pm

Masyarakat Resah, Limbah PTPN XIV Luwu Tumpah Lagi ke Sungai Lagego

Liputan : Tim batarapos.com

Luwu Timur, batarapos.com – Limbah PTPN XIV Luwu tumpah lagi ke sungai Silaja batas Desa Lagego dan Desa Burau kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Kejadian tumpahan limbah ke sungai itu didokumentasikan oleh warga pada tanggal 23 April 2024, warga resah lantaran limbah sawit perusahaan tersebut tumpah ke sungai sudah sering terjadi.

Warga menilai, limbah yang tumpah ke sungai saat itu ada unsur kesengajaan, pasalnya air limbah keluar dari saluran pembuangan kolam penampungan limbah yang langsung ke sungai.

” Pembuangan limbah ke sungai sudah sering kali dilakukan oleh pihak PTPN XIV Luwu, bahkan sepertinya terjadwal waktu pembuangannya, ini jelas pencemaran lingkungan tanpa ada tindakan untuk menghentikan pencemaran tersebut,” Ujar Anaska.

Dampak dari pembuangan limbah ke sungai menurut warga sangat merugikan masyarakat, selain bau yang menyengat, juga air sungai yang hilirnya langsung ke empang milik warga.

Warga resah namun tak berdaya lantaran tidak memiliki akses untuk melaporkan tindakan pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh pihak perusahaan tersebut.

Terpisah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Luwu Timur saat dikonfirmasi batarapos.com mengatakan akan melakukan investigasi terkait kejadian tersebut.

” Kita akan investigasi dulu,” Katanya.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan