14 April 2024, 1:12 pm

Ngaben Massal Ditengah Pandemi Covid-19

Luwu Timur, batarapos.com – Ngaben massal kembali dilaksanakan di Desa Karambua, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Kamis (1/7/21).

Upacara ngaben Massal di Luwu Timur juga pernah dilaksanakan pada tahun 2019 lalu di Desa Balirejo Kecamatan Angkona, sebanyak 109 jenazah dikremasi.

Dalam upacara adat di Desa Karambua ini terdapat 56 jenazah yang dikremasi atau dibakar di tempat yang sudah disiapkan.

Upacara ngaben massal yang berlangsung ditengah pandemi covid19 ini mendapat respon masayarakat.

Pasalnya, kegiatan ini terjadi kerumunan, sementara kasus covid19 di Luwu Timur saat ini kembali meningkat setiap harinya.

“Semoga tidak ada klaster baru dari kerumunan yang berlangsung” Ucap warga.

Kapolsek Wotu (AKP. Arifin) saat dikonfirmasi terkait kerumunan tersebut mengatakan bahwa pihaknya sudah menginstruksikan penyelenggara agar menerapkan protokol kesehatan.

“Tidak ada kerumunan, jadi Selain pengamanan kita juga sudah instruksikan protokol kesehatan, dalam satu keluarga hanya dua puluh orang yang boleh ikut” Kata Kapolsek Wotu.

Terpisah Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur (dr. Rosmini) saat dikonfirmasi mengaku tidak adanya penyampaian secara tertulis oleh Penyelenggara ke Satgas Covid19.

“Tidak dibubarkankah,? seharusnya ada dan patuh protokol kesehatan demi kita semua” singkat dr. Rosmini via WhatsApp.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala BPBD Luwu Timur (Sabur) selaku bidang pemulasaran jenazah covid19, bahwa pihaknya tidak mengetahui adanya kegiatan tersebut.

“Kapan ini acara,? Penyelenggara harusnya menyampaikan secara tertulis ke satgas covid lutim di sekertariat covid (dinas kesehatan)” Tuturnya sembari heran. (HS).

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan