15 Juni 2024, 7:41 pm

Pemkab Lutim Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Petugas Pengelola SIMFONI-PPA

Luwu Timur, batarapos.com – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur , melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Petugas Pengelola Sistem Informasi Online Perlingdungan Perempuan dan Anak (SIMFONI-PPA), di Aula Media Center Diskominfo SP Luwu Timur, Kamis (25/05/2023).

Kegiatan dibuka oleh Staf Ahli Pembangunan, Rapiuddin Tahir didampingi Kepala Bidang Kesetaraan Gender, Perlindungan Perempuan dan Anak, Hj. Juleha Talib. Sementara Narasumber adalah Mohammad Syafei Admin Simfoni PPPA Provinsi Sulsel.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Pembangunan, Rapiuddin Tahir berharap, agar kapasitas seluruh pengelola SIMFONI-PPA terus ditingkatkan sebagai upaya mengoptimalkam pencatatan melalui aplikasi Sistem Informasi PP-PA di Kabupaten Lutim.

Rapiuddin mengatakan, bahwa Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pun menekankan pentingnya pencatatan dan pelaporan data kekerasan melalui SIMFONI-PPA.

“Data yang valid sangat bermanfaat untuk mengidentifikasi masalah dan menentukan opsi terbaik dalam penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak,” terangnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, saat ini sudah dilakukan pencatatan data kekerasan terhadap korban atau pelaku kekerasan terhadap perempuan dan anak pada unit layanan. Namun mekanisme dan format pencatatan data kekerasan masih bervariasi sesuai kebutuhan unit layanan.

“Mekanisme verivikasi dan validasi data perlu standar baku, perlu ada manajemen layanan terpadu penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta perlu koordinasi unit layanan lintas sektor,” imbuhnya.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi juga beragam di antaranya pelaporan dari masyarakat yang tertunda. pencatatan khusus oleh operator tertunda dan kompetensi pengelola aplikasi SIMFONI-PPA baik secara kualitas maupun kuantitas.

“Kita semua bertanggungjawab untuk mewujudkan SIMFONI-PPA sebagai satu data kekerasan Indonesia,” tutupnya.

Adapun peserta yang ikut dalam kegiatan ini antara lain; Pengadilan Negeri, Kejaksaan, Kepolisian, Sakti Peksos, Rumah Sakit, Puskesmas, UPTD-PPA, SKPD terkait, Aparat Pemerintah Kecamatan Lungkup Pemkab Lutim.

Sumber : Humas/Kominfo-sp

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan