Pemkab Luwu Timur Kerjasama LAN Makassar Tata Kelembagaan Pemerintahan

2

Makassar, Batarapos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur (Lutim) bekerjasama dengan Pusat Pelatihan, Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) Makassar, melakukan penataan kelembagaan Pemerintahan didaerah berjuluk Bumi Batara Guru Ini.

Pada Jumat malam, tim dari LAN Makassar yang dipimpin langsung Kepala Puslatbang KMP LAN Makassar, Andi Taufik, bersama tiga timnya Sulaeman Fattah, Ahmad Sukarno Syahrir dan Avrina Dwijayanti, melakukan ekspose penataan kelembagaan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur di Aula Rumah Jabatan Bupati, yang dihadiri langsung Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler dan para kepala OPD.

Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler menyampaikan apresiasinya atas dukungan dan bantuan Puslatbang KMP LAN Makassar untuk membantu Pemerintah daerah dalam penataan kelembagaan. Ia berjanji hasil dari ekspose ini akan menjadi bahan pembahasan lanjutan untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja OPD tersebut.

Kepala Puslatbang KMP LAN Makassar, Andi Taufik mengatakan, penataan perangkat daerah merupakan bagian dari proses perubahan organisasi dalam upaya mengantisipasi berbagai kecenderungan yang berkembang. Penataan organisasi tersebut, kata dia, diharapkan dapat menjadikan kinerja Pemerintah daerah menjadi lebih efektif dan efisien.

Ia menambahkan, analisis terhadap kebutuhan Perangkat daerah menghendaki adanya evaluasi terhadap kondisi eksisting Perangkat daerah. Hasil evaluasi akan mengakibatkan perubahan organisasi Perangkat daerah berupa pembentukan unit baru, penggabungan unit-unit yang sudah ada, penghapusan unit-unit dan perubahan fungsi-fungsi unit.

Pada kesempatan ini, beberapa rekomendasi dari hasil ekspose Puslatbang KMP LAN Makassar antara lain agar terjadi penyesuaian terhadap penataan kelembagaan OPD seperti Satpol PP Tipe B, Pemadam Kebakaran Tipe B, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tipe A, Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Tipe A, Dinas Komunikasi dan Informatika Tipe A.

Selanjutnya, Dinas Perikanan Tipe B, Dinas Ketahanan Pangan Tipe A, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Tipe B, Badan Pengelola Keuangan Daerah Tipe A, Badan Pendapatan Daerah Tipe A, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Tipe A, dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Tipe A. (hms/ikp/kominfo)