Sejarah Singkat Berdirinya Polsubsektor Tomoni Timur menjadi Polsek

146

Luwu Timur, batarapos.com – Polsek Tomoni Timur terletak di jalan poros Desa Margomulyo Kecamatan Tomoni Timur kabupaten luwu timur, dengan wilayah hukum mencakup satu kecamatan yaitu kecamatan tomoni timur dan delapan desa.

Kantor polisi di kecamatan tomoni timur pertama kali terbentuk pada tahun 2008 yang saat ini masih berstatus pos polisi yang berdiri diatas lahan tanah Desa margomulyo  dengan status pinjam pakai lahan dari pemerintahan kecamatan tomoni timur melalui  pemerintah Desa Margoulyo.

Keberadaan kantor polisi di kecamatan tomoni timur dari tahun2008 hingga sekarang (selama 13 tahun) telah mengalami 10 kali pergantian pimpinan mulai dari Kapospol, Kapolsubsektor, hingga Kapolsek, dengan rincian :

1. Tahun 2008 – 2009, Kapospol dijabat oleh Aipda Asib Parante

2. Tahun 2009, Kapospol dijabat oleh Ipda. Danie Tammu

3. Tahun 2009 – 2011, Kapospol dijabat oleh Aiptu. Purwadi

4.Tahun 2011 – 2012, Kapospol dijabat oleh Bripka. Joni Solo

5. Tahun 2012 – 2013, Kapospol dijabat oleh Aiptu. Suardi

6. Tahun 2013 – 2015, pejabat kapolsubsektor pertama dijabat oleh Aiptu. Kamal Zainuddin

7. Tahun 2015 – 2016, Kapolsubsektor dijabat oleh Iptu. Palmer Sinipar

8. Tahun 2016 – 2018, Kapolsubsektor dijabat oleh Ipda. Ponding Mantong

9. Tahun 2018 – 2021, Kapolsubsektor dijabat oleh Iptu. Yunus Mangiwa

10. Pada bulan Januari 2021 hingga terbentuknya kantor Polsek Tomoni Timur saat ini dijabat oleh Ipda. Yusmal  Yunus, SE.

Pada bulan juni 2011 pemerintahan Kecamatan Tomoni Timur (Charles tangdialla) melalui pemerintahan desa margomulyo (wayan slamet/wayan kapal) bersama ketua BPD desa margomulyo (pihak pertama) memeberikan surat keterangn hibah tanah Kepada kepala kepolisian Resor Luwu Timur AKBP. H. ANDI FIRMAN , MBA (pihak kedua) dengan luas tanah 38 x 39 M/ 1.482 M² dan  39 X 22 M/ 858 M², Yang terletak di dusun Delima Desa Margomulyo yang diperuntukkan untuk rencana pembangunan kantor polisi dan rumah jabatan kapolsek beserta stafnya.

Pada tanggal 14 Agustus 2014, terbit keputusan kepala kepolisian daerah Sulawesi selatan tentang terbentuknya polsubsektor tomoni timur polres luwu timur polda sulsel.

Tahun 2017 pemerintah kabupaten luwu timur melalui kepala Dinas Peruahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, meberikan hibah kepada Polres luwu timur yang ditujukan untuk menunjang pencapaian sasaran program dan kegiatan pemerintah kabupaten luwu timur dalam bentuk pembangunan gedung kantor Polsek Kecamatan Tomoni Timur berdasarkan.

Pembangunan gedung kantor polsek Tomoni timur yang saat ini berdiri diatas lahan tanah seluas 38×39 M²/ 1.482 M² dengan luas bangunan  12.50 x 18.75 M², dibangun menggunakan dana yang bersumber dari dana hibah dari APBD Pemerintah kabupaten luwu timur.

Berselang berkembangnya waktu Polsubsektor Tomoni Timur berubah status menjadi polsek tipe D sesuai keputusan kepala kepolisian daerah sulawes selatan nomor : Kep/ 294 / III/ 2021, tentang pembentukan dua polsek  tipe D jajaran polda Sulawesi selatan yaitu : polsek Tomoni Timur pada polres Luwu Timur dan Polsek Bengo pada Polres Bone, (berdasarkan persetujuan kepala kepolisian Negara republik Indonesia.

Keberadaan kantor polisi di kecamatan tomoni timur hingga terbentuknya polsek depenitif, merupakan perwujudan dari aspirsi atas dukungan dari masyarakat serta pemerintah kecamatan tomoni timur yang ditandai dengan penandatanganan surat pernyataan dukungan untuk pembangunan kantor polisi di kecamatan tomoni timur dengan harapan polisi atau petugas kepolisian kecamatan tomoni timur yang ada sebagai pelindung,  pengayom , dan pelayan masyarakat dapat menciptakan situasi di kecamatan tomoni timur dapat berjalan aman serta aktivitas masyarakat dapat berjalan lancar. (**).

SebelumnyaPartai UKM Siap Ikut Verifikasi Administrasi Depkumham Tahun 2022
SelanjutnyaKejari Luwu Utara Berhasil Selamatkan Kerugian Negara Atas Dugaan Korupsi Pemotongan Dana di DP2KB