23 Juli 2024, 11:46 pm

Buka Bimtek, Bupati Luwu Timur : Optimalkan Peran TAPD

Liputan : Kominfo-SP

Luwu Timur, batarapos.com – Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Perencanaan Pembangunan dan Pengelolaan Keuangan Daerah bagi Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Luwu Timur.

Bimtek yang diinisiasi Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Lutim bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Hasanuddin (LLPM- Unhas) akan berlangsung di Golden Lily Ballroom C Four Points Hotel selama 4 hari yakni dimulai tanggal 24-27 Juni 2024.

Kegiatan ini digelar untuk mengoptimalkan peran Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Luwu Timur dalam mengawal dan merencanakan Pembangunan Daerah dan Pengelolaan Keuangan Daerah.

” Tujuan dari digelarnya bimtek ini agar kita dapat meningkatkan pemahaman dan kapasitas kita masing-masing mulai dari perencanaan, penganggaran sampai kepada mekanisme legislasi yang diajukan oleh pihak DPRD agar kita satu persepsi, harapan kita dalam pelaksanaan dan pertanggungjawaban progam dan kegiatan nantinya tidak lagi berseberangan dengan aturan dan ketentuan yang berlaku” ucap Bupati H. Budiman saat memulai sambutannya.

Lebih lanjut Bupati menyebut bahwa, muara dari inovasi adalah dengan adanya perubahan cara pandang melalui peningkatan ilmu pengetahuan atau peningkatan kapasitas ilmu pengetahuan, maka sepatutnya kita melakukan upgrade melalui bimbingan teknis seperti yang sedang dilakukan ini agar tidak ketinggalan informasi terutama berkaitan dengan Pengelolaan Keuangan Daerah, Pengelolaan Administrasi Pemerintahan sehingga berujung pada pengelolaan pemerintahan yang baik atau Good Government.

” Kepada TAPD, saya berpesan untuk mengoptimalkan koordinasi dan sinergitas antara perencanaan dan penganggaran sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing sehingga SKPD satu dengan yang lainnya tidak lagi bersinggungan,” pesan Bupati kepada peserta Bimtek.

” Besar harapan saya dengan telah selesainya mengikuti bimtek ini akan membawa pengaruh besar untuk perbaikan pemerintah daerah dan kemajuan dalam pengelolaan keuangan daerah dan secara umum pengelolaan pemerintahan Kabupaten Luwu Timur,” tegas Bupati Budiman.

Usai membuka acara, Bupati H. Budiman juga menjadi Narasumber pertama pada Bimtek Perencanaan Pembangunan dan Pengelolaan Keuangan Daerah. Dihadapan para peserta, Bupati menyampaikan materi tentang Arah Kebijakan dan Capaian Pembangunan Daerah Kabupaten Luwu Timur Periode RPMJD 2021-2026.

Selain itu, bimtek ini juga menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten untuk sesi berikutnya diantaranya, Tim Ahli Perda Luwu Timur Zainuddin Djaka menyampaikan materi tentang Sinergi Kinerja TAPD dan Banggar DPRD dalam Mewujudkan APBD yang Akuntabel, selanjutnya Analisis Perencanaan Kementarian Dalam Negeri RI, Rino Rio Ken.

Narasumber selanjutnya yakni Analis Keuangan Pusat Daerah DJPK Kementerian Keuangan RI, Dian Putra, dengan materi tentang Kebijakan Dana Bagi Hasil dengan berlakunya UU No. 1 tahun 2022, kemudian pemateri selanjutnya Vice President 2 Indonesia SDG’s Center Network (ISCN), Muhammad Yusri Zamhuri dengan materi Pergeseran Paradigma Pembangunan dan Rencana Aksi Daerah Sustainable Development Goals (RADSDG’s) Kabupaten Luwu Timur.

Tiga pemateri berikutnya yakni Kabid Anggaran Badan Keuangan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Salehuddin membawakan materi tentang Pelaksanaan Evaluasi APBD dan Transfer Bagi Hasil Provinsi, selanjutnya Indrianti Sudirman dan Ilhamuddin Azis, dengan masing masing materi yakni Tampil Menarik dalam Bekerja dan Mengatasi Stress dalam Bekerja.

Turut hadir pada acara pembukaan Bimtek tersebut Wakil Ketua DPRD, H. M. Siddiq, Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli, Anggota DPRD Luwu Timur diantaranya Badawi Alwi, Suprianto, Hj. Harisah Suharjo dan Wahidin Wahid.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan