Dinas Kominfo Lutim Gelar Penyuluhan Literisasi dan Diseminasi Informasi, Ini Tujuannya

2

Tomoni, Batarapos.com – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Luwu Timur menggelar penyuluhan Literisasi dan Diseminasi Informasi yang bertemakan “Literisasi Digital di Era Millennium”, yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur. Selasa (23/7/19).

Kegiatan Penyuluhan ini merupakan kegiatan Zona ketiga (Wilayah Kecamatan Tomoni, Kecamatan Mangkutana, Kecamatan Tomoni Timur, dan Kecamatan Kalaena), dimana sebelumnya sudah dilakukan di dua Zona yaitu Malili dan Kecamatan Wotu-Burau, dan akan dilanjutkan pada hari Kamis di zona 4 (Wasuponda-Towuti).

Penyuluhan ini dihadiri oleh siswa SMP dan SMA/SMK, Pegawai Perpustakaan Sekolah, Pegawai Perpustakaan Desa, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Luwu Timur, Satri SE, Komunitas Literisasi; Insan Pers, Sekcam Tomoni, Perwakilan Kapolres Luwu Timur, Humas Polres Luwu Timur Iptu Hadi Wira, para Guru, serta Karang Taruna.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada Generasi muda dan masyarakat bagaimana bijak menggunakan internet. Agar terhindar dari berita hoax dan cyber crime.

Hegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Luwu Timur, Drs. Askar, MSi. Kadis kominfo menekankan kepada siswa agar dapat menguasai teknologi dan informasi, sebab merekalah yang akan menjadi generasi penerus. “Siapa yang menguasai informasi, dia yang berjaya,” ucapnya.

Disamping membuka kegiatan, Askar juga memberi sedikit gambaran mengenai Literisasi dan Diseminasi Informasi di Era Digital.

Adapun Pemateri dalam kegiatan ini yaitu Dinas Kominfo Luwu Timur, Yulius, tentang Internet Sehat dan Aman. Humas Polres Lutim, Iptu Hadi Wira tentang UU ITE dan Cyber Creame . Dinas Perpustakaan & Kearsipan Lutim, Satri, SE tentang Peran Perpustakaan dalam Dunia Literasi. Rekan Jurnalis, Asdar, tentang Literasi Media di Era Digital.

Saat membawakan materi, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Luwu Timur memberi hadiah kepada 2 siswa SMA yang mampu membacakan Surah Al-Araq.

Setelah pembawaan materi, diadakan sesi tanya jawab antara peserta dan pemateri. Diakhir kegiatan dilakukan pembagian setifikat peserta penyuluhan Literisasi dan Diseminasi Informasi. (**)

SebelumnyaRayakan 3 Tahun Hari Jadi, D’Colors Coffe Donor Darah dan Sosialisasi Anti Narkoba
SelanjutnyaKejari Jeneponto Lakukan Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana Umum 2019