Hadiri Pelantikan Pengurus FOPI Lutim, Budiman Minta Olahraga Petanque Disosialisasikan

62

Luwu Timur, batarapos.com – Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Sulawesi Selatan secara resmi mengukuhkan dan melantik pengurus FOPI tingkat Kabupaten Luwu Timur periode 2019-2023 yang diketuai Bakara S.Pd. Pelantikan pengurus FOPI Luwu Timur diselenggarakan di Hotel Lagaligo, Malili, Senin (24/5/2021).

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Bupati Luwu Timur, H. Budiman, Ketua umum FOPI Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Ketua Pembinaan Prestasi, Dr. Rahmat Kasmad, Kadis Parmudora, Hamris Darwis, Camat Malili, Nur Syaifullah Rahman, S. STP, Sekertaris KONI Luwu Timur, Irwan S.Pd. Acara pelantikan dilanjutkan dengan penyerahan pataka oleh ketua FOPI Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Pengurus FOPI Sulawesi Selatan, Rahmat Kasmad mengatakan, kelahiran FOPI ini perlu didukung dan didorong dalam pengenalan olahraga tersebut. Oleh karena itu, olahraga petanque masih perlu untuk di kenalkan dan disosialisasikan ke pelajar, masyarakat, sekolah dan lainnya. Sehingga perkembangan petanque ada kemajuan.

Dalam pelantikan tersebut, Rahmat Kasmad juga menjelaskan mengenai olahraga Petanque. Dikatakannya, Petanque adalah suatu bentuk permainan olahraga yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonet atau boka. Kaki pelempar juga harus berada di dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan.

Ada jarak yang ditetapkan, yaitu jarak lemparan dari bola kayu dengan pelempar, antar enam sampai sepuluh meter. Dalam Petanque, terdapat single tim, double tim, triple tim, dan mix tim, dan jenis permainan ini adalah battle tim. Olahraga Petanque sendiri berasal dari Perancis sejak tahun 1907-an,” Jelas Rahmat Kasmad.

Sementara Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam sambutannya mengatakan, Luwu Timur adalah gudangnya atlet.

Dan saya ingin daerah ini semakin maju di segala bidang termasuk olahraga,” katanya.

Diharapkan kepada ketua Pentaque yang baru agar bisa berkoordinasi dan bekerjasama dengan pengurus lainnya, sehingga cabang olahraga ini bisa berkembang karena olahraga Petanque ini memang masih belum dikenal masyarakat Luwu Timur lainnya.

Untuk itu, tugas dari Ketua dan pengurus FOPI harus mensosialisasikannya, sehingga dapat dikenal masyarakat Bumi Batara guru pada umumya,” pungkasnya.

Budiman juga mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh pengurus FOPI Kabupaten Luwu Timur dan mengembang tugas dengan sepenuh hati, Profesional dan ikhlas dalam melayani masyarakat.

Saya yakin, petanque Luwu Timur akan mampu mengharumkan nama Luwu Timur di berbagai even lainnya,” tutupnya. (hms/ikp/kominfo)

SebelumnyaBupati Budiman Buka Pelatihan Petugas Pendata Podes 2021
SelanjutnyaDitandai Dengan Peletakan Batu Pertama Oleh Kapolres, 10 Unit Asrama Polres Luwu Utara Resmi Dibangun