Lapor Pak Bupati ! Pelayanan Bidan di Pustu Alam Buana Dikeluhkan

552

Luwu Timur, batarapos.com – Pelayanan Bidan Pustu Desa Alam Buana, Kecamatan Tomoni Timur, Kabupaten Luwu Timur dikeluhkan.

Masyarakat yang hendak ke Pustu siang tadi, Senin (21/6/21) menemukan pintu Pustu yang masih terkunci menggunakan gembok.

Hal itu dibenarkan pemerintah Desa Alam Buana Kecamatan Tomoni Timur, Kabupaten Luwu Timur melalui Sekretaris Desa (I Wayan Widia).

Menurut Sekdes, hal itu sudah menjadi perbincangan masyarakat di Desa Alam Buana, pasalnya Bidan Yakoba sangat jarang ditemukan berada di Pustu.

“Sampai saat ini memang tidak ada bidan yang standby siang dan malam disini dan ini memang sudah lama jadi perbincangan di masyarakat” Ungkap Sekdes Alam Buana.

Terpisah, TU Puskesmas Tomoni Timur (Nilu Gede Sumargani) yang ditemui menjelaskan bahwa Bidan Yakoba atau yang akrab disapa Bidan Koba hanya izin hari Sabtu dengan alasan urusan keluarga.

“Dia izin hanya hari Sabtu saja katanya ada urusan keluarga, dan dia juga izin tidak bersurat hanya penyampaian secara lisan, tadi dia nelpon ke Kapus katanya belum sempat lagi masuk kerja karena urusannya belum selesai” Jelas TU Puskesmas Tomoni Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Luwu Timur (dr. Rosmini) yang juga dikonfirmasi, megatakan bahwa Bidan Yakoba ke Makassar untuk mengantar anaknya.

“Katanya antar anaknya, izin urus anaknya” Kata dr. Rosmini.

Awal dikonfirmasi, Kamis (17/6/21) pekan lalu, Bidan Yakoba mengaku sudah berada di Kota Makassar.

Menurutnya ia memang kerap keluar memberikan pelayanan di Kecamatan Tomoni namun diluar jam kerja.

“Memang di luar jam kerja saya biasa ke tomoni, layani pasien ku di sana yang membutuh kan pak, karena saya tugas memang di sana dulu jadi banyak yang cocok dengan obatku” Tuturnya.

Ia juga sempat ngotot agar wartawan tidak boleh mengetahui soal izin dirinya ke Makassar.

“Maaf pak kenapa kita tanyakan masalah isin ku, saya pikir itu urusan saya dengan instansi terkait apalagi keluarga sakit” Ucap Bidan Yakoba.

Mendapat kabar tersebut, Bupati Luwu Timur (Drs. Budiman, M.Pd) meminta Dinas Kesehatan untuk menindaklanjuti.

“Saya sudah teruskan ke Kadisnya untuk tindak lanjuti” Tegas Bupati. (Tim).

SebelumnyaKades Pimpin Rapat Musyawarah Pergantian Ketua Bumdes Samasei Demi Memajukan Desa Padaelo
SelanjutnyaPolres Luwu Timur Ajak Masyarakat Sukseskan Program Vaksinasi