5 Maret 2024, 4:34 pm

Pakai Tenun khas Taipa, Bupati dan Ketua TP PKK Lutim Pukau Penonton di Anjungan City Of Makassar 

Liputan : Humas/Kominfo-sp
Editor : Nur Ainun

Makassar, batarapos.com – Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty sukses memukau penonton yang hadir di Anjungan City Of Makassar ketika memperagakan Kain Tenun Khas Taipa diatas panggung Fashion Show, Jumat (20/10/2023) malam.

Fashion Show ini  merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Jadi Sulsel ke 354 dengan tema “Era Baru Sulawesi Selatan Menuju Indonesia Maju”, yang disaksikan langsung Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin beserta istri, para Pejabat Pemprov Sulsel, Forkopimda Sulsel, para Bupati Walikota, para Sekda dan masyarakat Sulsel yang hadir di Pantai Losari.

Motif tradisional Taipa yang dipakai bupati lutim dan istri berasal dari karya leluhur Suku Taipa, dimana motif tersebut diperoleh dari hasil penggabungan berbagai motif yang terdapat pada benda-benda peninggalan sejarah yang ditemukan didalam danau matano, diantaranya sebaran Gerabah, sisa-sisa Tembikar dan senjata tajam.

Penggabungan motif tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Desa Sorowako bersama Lembaga Adat Taipa dengan menjaga bentuk asli motif tersebut, hal ini penting untuk dilakukan guna menyelamatkan dan melindungi benda-benda peninggalan sejarah tersebut serta diharapkan warisan budaya ini dapat terus dilestarikan baik untuk generasi sekarang dan yang akan datang.

Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengaku takjub dengan peragaan busana tradisional Sulsel malam ini dan diluar ekspektasi beliau.

” Inikan hari ulang tahun, jadi kita melakukan semacam seremoni pagelaran kegiatan seni dan budaya kita. Salah satu hasil cipta, rasa, dan karsa manusia adalah pakaian dengan segala motif-motifnya, itulah peradaban kita,” ujarnya.

Dia juga memuji corak dari pakaian para Bupati/Walikota, Forkopimda se Sulawesi Selatan yang begitu luar biasa. “Terima kasih semua, ini diluar ekspektasi saya, peragaan tadi itu kelihatan lebih mesra pas ditampilkan fashion show,” ungkap Pj. Gubernur.

Dikonfirmasi usai acara, Bupati Luwu Timur, H. Budiman yang didampingi Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty dan Wakil Ketua TP PKK Lutim, Arbiyanti Febthavia mengucap syukur telah mengikuti rangkaian acara HUT Sulsel ke-354.

” Hari ini saya bersama ibu menggunakan Kain Khas Luwu Timur yaitu corak Taipa yang kita coba perkenalkan hasanah dan budaya yang seperti pak Gubernur sampaikan tadi dan salah satu diantaranya ialah pakaian ini,” imbuhnya.

Ia berharap pakaian Khas Taipa ini bisa diproduksi lebih massif sehingga bisa mendapatkan kesejahteraan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Luwu Timur.

” Jadi hari ini sekali lagi memperlihatkan bahwa Luwu Timur memiliki ke khasan sendiri salah satu diantaranya ialah pakaian yang kita gunakan yakni corak Taipa yang diambil di dasar Danau Matano kemudian dibuat dalam bentuk kain dan Insha Allah ini menjadi kebaikan dan legacy bagi masyarakat Kabupaten Luwu Timur,” tandas Budiman.

Usai mengikuti acara Fashion Show, Bupati bersama Ketua PKK Lutim dan Wakil Ketua PKK Lutim mengunjungi Stand Pameran Kabupaten Luwu Timur yang menjual berbagai produk UMKM andalan Bumi Batara Guru.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan