Sambut Tahun Baru Islam, Ini Yang Dilakukan Warga Desa Atue

6

 

Malili, Batarapos.com – Berbagai kegiatan dilakukan masyarakat muslim dalam menyambut tahun baru Islam 1441 hijriah, salah satunya, santunan anak yatim maupun pawai.

Lain halnya yang dilakukan masyarakat di Dusun Waemami, Desa Atue, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, malam tadi, Sabtu (31/08/19).

Masyarakat di Dusun ini, makan bersama seluruh warga, yang awalnya terpal dibentang yang dipusatkan disalah satu tempat yang sudah disepakati.

Setelah terpal dibentang, para ibu membawa hasil masakannya di rumah selanjutnya dihidangkan diatas terpal yang sudah disiapkan lalu dimakan bersama.

Tokoh masyarakat (Kadi) mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tradisi tahunan menyambut tahun Baru Islam.

“Semenjak Atue ada, kami setiap Tahun Baru Islam melaksanakan acara seperti ini, bersilatuhrahmi dan makan bersama masyarakat, yang mana menu makanan yang masing-masing dibawa dari rumah yang dikemas dengan daun pisang” Katanya.

Kadi juga berharap agar tradisi ini terus ada, sebagai wadah silaturahmi antar masyarakat mulai dara kalangan pemuda hingga orang tua.

“Semoga tradisi ini tetap dipertahankan, sebagai wadah silaturahmi, bukn cuma tokoh masyarakat dan orang tua, tapi juga kalangan pemuda” Harapnya. (Mus).

SebelumnyaPasca Dikukuhkan, Karang Taruna Olitau Siap Majukan Desa Lampenai
SelanjutnyaPenutupan HUT RI Ke-74, Desa Balai Kembang Dero Massal