Musim Hujan, Segini Harga Gabah di Luwu Timur !

836

 

Luwu Timur, batarapos.com – Makin anjlok, harga gabah petani di Kabupaten Luwu Timur turun hingga Rp.3.800/kg, harga ini turun drastis pasca lebaran.

Berbagai kendala penyebab anjloknya harga gabah petani, mulai dari isu stok beras penuh di gudang, sehingga bulog tidak melakukan pembelian gabah petani hingga cuaca (musim hujan).

“Iya harga gabah sekarang tiga ribu delapan ratus rupiah per kilogram, alasannya ke petani bahwa gudang penuh bulog tidak membeli gabah, ditambah lagi musim hujan, timbangan gabah berat akibat basah katanya” Ungkap petani di Lampenai.

Ada dua tawaran harga yang ditawarkan pedagang menurut petani, tawaran pertama, harga Rp.3.800/kg dibayar cash atau tunai, sementara tawaran kedua adalah Rp.3.900/kg diutang.

“Pedagang beri tawaran, tiga ribu delapan ratus dibayar cash, tiga ribu sembilan ratus diutang, rata-rata petani pilih cash saja karena pengalaman panen sebelumnya banyak yang tidak bayar kalau tidak paksa” Kata Petani.

Musim hujan kali ini juga sangat berpengaruh dengan biaya angkut karungan gabah, biaya angkut yang tinggi akibat akses berlumpur.

Petani berharap agar pemerintah menyikapi hal tersebut agar harga gabah petani kembali normal tidak semakin anjlok. (**).

SebelumnyaKapolres Luwu Timur Cek Pos Penyekatan Mudik di Batas Sulsel-Sulteng
SelanjutnyaDiduga Cabuli Gadis 12 Tahun Secara Bergilir, Tim Resmob Polres Luwu Utara Amankan 6 Remaja