20 Juli 2024, 9:43 pm

Buka Festival Pangan Lokal B2SA , Ini Kata Staf Ahli Pembangunan

Luwu Timur, batarapos.com – Staf Ahli Pembangunan Luwu Timur (Lutim), Rapiuddin Tahir mewakili Bupati Lutim, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lutim, Hj. Sufriaty Budiman dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Amrullah, membuka Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Lutim Tahun 2023 di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Jumat (14/7/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Lutim ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi masyarakat dalam pengelolaan pangan lokal yang bernilai komersil serta membiasakan keluarga mengkonsumsi menu makanan yang termasuk dalam kategori B2SA.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Pembangunan, Rapiuddin Tahir mengatakan bahwa, pola konsumsi pangan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang.

“Pola konsumsi pangan sehat sangat perlu disosialisasikan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap pangan beragam, bergizi seimbang dan aman untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” katanya.

Melalui festival ini, ia berpesan agar nantinya mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman, dengan komposisi gizi yang seimbang.

” Saya mengajak kepada seluruh ibu-ibu peserta setelah mengikuti festival pangan lokal beragam, bergizi, seimbang dan aman tahun 2023 ini, untuk lebih kreatif dalam menciptakan dan menyajikan menu makanan bagi keluarganya, di samping itu juga perlu memperhatikan cita rasanya,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh perwakilan peserta yang telah berpartisipasi mengikuti Festival pangan lokal B2SA ini.

” Untuk menjadi perwakilan di tingkat provinsi, yang natinya diikutkan tidak satu paket, melainkan menu makanan tersebut dipilih dari beberapa kecamatan yang masuk dalam kriteria penilaian dan dianggap dapat diikutkan pada lomba di tingkat provinsi nantinya,” jelasnya.

Menurut Sufriaty, kegiatan ini diselenggarakan bukan hanya untuk mengikuti lomba semata dan mendapatkan hadiah. Tetapi agar nantinya akan diterapkan dalam kehidupan masing-masing.

“Saya yakin jika hanya yang ikut lomba pada hari ini saja yang menerapkan, hal itu tidak akan efektif. Oleh karena itu, diperlukan informasi tersebut sampai juga kepada masyarakat,” tambahnya.

Terakhir, ia berharap melalui kegiatan para kader PKK nantinya mampu menyusun menu seimbang yang gizinya dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh, utamanya yang perlu diperhatikan adalah gizi anak-anak usia dini.

“Bagi yang belum juara diharapkan agar tidak berkecil hati karena hal itu bukan tujuan utama. Tapi ini merupakan motivasi untuk diri dan juga masyarakat dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab bersama,” tutupnya.

Turut hadir Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Hj. Masrah Bahri Suli, Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa se-Lutim, para kepala OPD, Jajaran Pengurus TP PKK Lutim, Jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta Tim juri yang terdiri dari Ketua DWP Lutim, Koordinator Kesda dan Gizi Dinkes, Hajar dan Ahli Gizi, Alparida Ruso.

Pada lomba B2SA ini, Kecamatan Kalaena meraih juara pertama, Juara kedua Kecamatan Malili, Juara ketiga Kecamatan Mangkutana dan Juara Favorit Kecamatan Towuti serta Kategori Lomba Olahan Ikan ialah juara pertama Kec. Tomoni Timur, juara kedua Kec. Angkona dan Juara ketiga Kec. Nuha.

Sumber : Humas/Kominfo-sp

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan